Profil berpikir intuitif peserta didik dalam menyelesaikan masalah open-ended ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Maratus (2020) Profil berpikir intuitif peserta didik dalam menyelesaikan masalah open-ended ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maratus sholihah_D04214011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berpikir intuitif dalam menyelesaikan masalah open-ended merupakan proses mental yang berlangsung spontan dengan melibatkan perasaan (feeling) berupa keyakinan kuat terkait dugaan yang muncul dalam penyelesaian masalah tanpa melakukan banyak pembuktian formal. Intuisi dalam proses penyelesaian masalah terbagi menjadi 3 tipe yaitu afirmatori, antisipatori dan konklusif. Dalam MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) disebutkan bahwa dalam memproses informasi peserta didik memiliki 2 kecenderungan yaitu sensing dan intuitive. Orang dengan tipe intuitive dalam tipe kepribadian Keirsey terkumpul ke dalam 2 tipe kepribadian yaitu rational dan idealist. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe intuisi peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika open-ended dibedakan menurut tipe kepribadian rational dan idealist. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 8 peserta didik kelas VIII-B, VIII-D dan VIII-J SMPN 17 Surabaya, dengan 4 peserta didik bertipe kepribadian rational dan 4 peserta didik bertipe kepribadian idealist. Pada penelitian ini, data terkait tipe kepribadian diperoleh berdasarkan hasil angket tes tipe kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Data terkait tipe intuisi dikumpulkan melalui tes open-ended dan wawancara. Hasil tes tertulis peserta didik dianalisis berdasarkan indikator dari tiap tipe intuisi dan diperkuat dengan hasil wawancara. Penarikan kesimpulan terkait tipe intuisi ditentukan berdasarkan tipe intuisi yang paling banyak digunakan oleh ke-empat subjek bertipe kepribadian rational dan idealist per tahap pemecahan masalah Polya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Peserta didik bertipe kepribadian rational dalam menyelesaikan masalah open-ended cenderung menggunakan 2 tipe intuisi yaitu antisipatori dan konklusif; 2) Peserta didik bertipe kepribadian idealist dalam menyelesaikan masalah open-ended cenderung menggunakan tipe intuisi antisipatori.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, MaratusShincan744@gmail.comD04214011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Maratus Sholihah
Date Deposited: 08 Sep 2020 11:46
Last Modified: 08 Sep 2020 11:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43719

Actions (login required)

View Item View Item