Analisis zakat nelayan dari hasil tangkapan laut: studi kasus Desa Tambak Kecamatan Tambak Bawean

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausiyah, Raihanatul (2020) Analisis zakat nelayan dari hasil tangkapan laut: studi kasus Desa Tambak Kecamatan Tambak Bawean. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raihanatul Firdausiyah_C07216020.pdf

Download (12MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pendapatan nelayan dari hasil tangkapan laut di Desa Tambak yang berpotensi zakat? Dan Bagaimana analisis perhitungan dan kesesuaian zakat nelayan dari hasil tangkapan laut di Desa Tambak? Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Untuk wawancara dilakukan kepada pihak-pihak terkait yaitu wawancara kepada nelayan di Desa Tambak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nelayan di Desa Tambak berpotensi zakat karena pendapatan yang dihasilkan dalam satu haul yang diperoleh nelayan mencapai nishab, akan tetapi pengetahuan mereka tentang zakat hasil tangkapan laut masih kurang. Nelayan yang berpotensi zakat di Desa Tambak yaitu Nelayan yang memiliki perahu. Untuk kesesuaian dan perhitungan zakat hasil tangkapan laut di Desa Tambak diqiyaskan dengan zakat perniagaan dengan mempertimbangkan beberapa konteks yang sesuai dengan keadaan di Desa Tambak. Adapun saran untuk peneliti selanjutnya adalah supaya meneliti lebih dalam lagi terkait zakat hasil tangkapan laut di Desa Tambak Kecamatan Tambak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausiyah, RaihanatulRaihanatulfirdausiyah05@gmail.comC07216020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Hukum Islam > Wakaf
Manajemen
Zakat
Keywords: Zakat nelayan; Hasil tangkapan laut
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Raihanatul Firdausiyah
Date Deposited: 08 Sep 2020 07:37
Last Modified: 08 Sep 2020 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43733

Actions (login required)

View Item View Item