Peramalan konsumsi listrik di daerah Balikpapan menggunakan metode extreme learning machine

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tiana, Elita Mega (2020) Peramalan konsumsi listrik di daerah Balikpapan menggunakan metode extreme learning machine. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elita Mega Tiana_H76216033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan listrik seiring berkembangnya zaman meningkat sejalan dengan kenaikan listrik di setiap waktu, sehingga dalam penyediaan tenaga listrik yang digunakan disediakan dengan tepat agar listrik untuk konsumen bisa terpenuhi tanpa adanya hambatan. penelitian ini bertujuan untuk membuat model peramalan dengan bantuan metode jaringan syaraf tiruan extreme learning machine. ELM mampu mengatasi masalah dalam proses pembelajarannya yaitu proses pembelajarnya yang cepat dapat menghasilkan nilai akurasi yang kecil dalam pengujian MSEnya. Data diperoleh dari data historis di PLN Balikpapan. Data inputan berupa data kelompok pelanggan PLN yaitu kategori Rumah Tangga Kecil, dan Rumah Tangga Medium tahun (2011-2019) dengan jumlah pelanggan 1000. Data tersebut di bagi menjadi 2 bagian yaitu data latih dan data uji. Menghasilkan nilai MSE sebesar 0,03313 dengan kecepatan training 9,72 detik di percobaan hidden layer ke 6. Pengujian untuk membandingkan data aktual dengan data hasil peramalan, mendapatkan nilai akurasi MAPE 7.79% dimana untuk nilai kriteria MAPE kurang dari 10% merupakan kriteria peramalan yang sangat baik. diharapkan penelitian ini dapat memberikan masukan dalam peramalan kepada PLN tentang peningkatan konsumsi listrik pelanggan di masa mendatang.
Kata Kunci : Listrik¸ Peramalan, ELM

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tiana, Elita Megaelitatiana6@gmail.comH76216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmin, Faris Mushlihulfaris@uinsby.ac.id2013088801
Thesis advisorYusuf, Ahmadahmadyusuf@uinsby.ac.id2020019001
Subjects: Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Listrik; Peramalan; ELM
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Elita Mega Tiana
Date Deposited: 08 Sep 2020 12:06
Last Modified: 08 Sep 2020 12:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43735

Actions (login required)

View Item View Item