Hubungan antara self esteem dan self consciousness dengan self presentation remaja pengguna media sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Siti Alifatus (2020) Hubungan antara self esteem dan self consciousness dengan self presentation remaja pengguna media sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Alifatus Sa'diyah_J01216040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self esteem dan self consciousness terhadap self presentation remaja pengguna media sosial. Penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala Presentation of Online Self Scale (POSS), State Self-Esteem Scale (SSES) dan skala Self Consciousness Scale (SCS-R). Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Lamongan. Subjek penelitian berjumlah 153 orang dengan teknik pengambilan data menggunakan metode cluster sampling. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan yang bersifat negatif antara self esteem dengan self presentation remaja pengguna media sosial (p = 0,000 dan t = -3,375). Sementara itu, pada self consciousness dengan self presentation tidak terdapat hubungan siginifikan (p = 0,282 dan t = 1,079). Di sisi lain, secara bersama-sama self esteem dan self consciousness berhubungan signifikan dengan self presentation remaja pengguna media sosial (p = 0.000 dan F = 10.469). Sumbangan efektif yang diberikan self esteem dan self consciousness secara bersama-sama dengan self presentation adalah sebesar 12,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Siti Alifatusalifadyh@gmail.comJ01216040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatinsunanampel@gmail.com197406122007102006
Subjects: Psikologi Sosial
Remaja, Gaya hidup
Remaja
Keywords: Presentasi Diri; Harga Diri; dan Self Consciousness; Remaja; Media Sosial.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Siti Alifatus Sa'diyah
Date Deposited: 16 Nov 2020 12:03
Last Modified: 16 Nov 2020 12:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43743

Actions (login required)

View Item View Item