Implementasi pembelajaran membaca Al-Quran dengan metode Yanbu’a pada Anak Usia Dini di TPQ AL-Ikhlas Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Aprilia (2020) Implementasi pembelajaran membaca Al-Quran dengan metode Yanbu’a pada Anak Usia Dini di TPQ AL-Ikhlas Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aprilia Rahmawati_D98216029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, menggunakan metode penelitian kualitatif, yang mana penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Penelitian kualitatif tanpa dipengaruhi oleh lingkungan, manusia bisa memilih mendalam dan utuh. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran membaca Al-Quran dengan metode Yanbu’a pada anak usia dini di TPQ Al-Ikhlas Mojokerto dan Faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat dari implementasi pembelajaran membaca Al-Quran dengan metode Yanbu’a pada anak usia dini di TPQ Al-Ikhlas Mojokerto. Berdasarkan hasil penelitian ada penghambat dalam metode ini Semangat anak, minat anak, jasmani yang terganggu (celat atau cedal). Waktu yang terbatas Proses pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan metode Yanbu'a pada TPQ Al-Ikhlas Mojokerto dilaksanakan pukul 16.00-17.00 WIB. Konsentrasi anak faktor penghambat dalam membaca Al-Quran di TPQ Al-Ikhlas. Jika kondisi dalam pelaksanaan metode Yanbu’a tidak kondusif konsentrasi anak akan terganggu. Sedangkan faktor keberhasilan dari metode ini diketahui metode ini sangat gampang untuk diajarkan pada anak, adanya kepedulian, bimbingan, dan perhatian orang tua kepada anak, interaksi antara pendidik dan orang tua, dan motivasi belajar. peran pendidik adalah yang sangat menentukan keberhasilan dan kefasihan murid, agar pendidik supaya memperbaiki diri dan tahu metode mengajar yang baik. SDM pendidik sangat diperlukan salah satunya adalah pendidik juga harus bersyahadah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Apriliaainul9631@gmail.comD98216029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotijauharotialfin@gmail.com2006067301
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@gmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan > Anak
Keywords: Metode Yanbu’a; Pembelajaran Al-Quran; Anak Usia Dini.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Aprilia Rahmawati
Date Deposited: 09 Sep 2020 11:08
Last Modified: 09 Sep 2020 11:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43769

Actions (login required)

View Item View Item