Analisis komponen semiotik dalam generalisasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Ihda Mutimmatul (2020) Analisis komponen semiotik dalam generalisasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ihda Mutimmatul Fitriyah_D04216015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Generalisasi matematis merupakan proses membuat kesimpulan berdasarkan fakta matematik dari keadaan khusus menuju kesimpulan umum yang berkaitan dengan pola atau aturan tertentu dan mencakup 4 tahapan yaitu perception of generality, expression of generality, symbolic expression of generality dan manipulation of generality. Dalam menggeneralisasi siswa punya strategi berbeda dalam melakukannya, strategi yang digunakan disertai dengan tanda baik secara mental atau secara fisik. Segala sesuatu yang berkaitan dengan tanda, simbol dan relasi-relasi antar simbol disebut semiotik. Komponen semiotik yang digunakan dalam penelitian ini adalah gesture, word dan symbols. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gesture, word dan symbols yang muncul dalam generalisasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah 3 dari 30 siswa kelas XI IA 1 SMA Assa’adah Bungah Gresik yang dipilih berdasarkan kemampuan matematika yang dimiliki siswa, dengan melihat skor tertinggi ulangan harian matematika materi pola bilangan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan 3 teknik, yakni: 1) dokumentasi untuk mengetahui data semiotik gesture; 2) tes tulis untuk mengetahui data word dan symbols; dan 3) wawancara berbasis tugas untuk mengetahui data word dan symbols. Setelah diperoleh data penelitian, dilakukan analisis data dokumentasi, tes tulis dan wawancara berdasarkan kesesuaian indikator kemungkinan semiotik gesture, word dan symbols yang muncul dalam generalisasi matematis. Hasil penelitian yang diperoleh yakni: 1) gesture yang muncul dalam generalisasi matematis terjadi pada tahap perception dan expression of generality. Tahap symbolic expression of generality siswa memunculkan gesture saat membuat generalisasi tetapi tidak saat menghasilkan pola umum serta memformulasikannya secara simbolik. Tahap manipulation of generality siswa memunculkan gesture saat menyelesaikan masalah tetapi tidak saat mengecek kembali hasil jawaban dan menarik kesimpulan yang valid; 2) word yang muncul dalam generalisasi matematis terjadi pada tahap perception, expression dan symbolic expression of generality. Tahap manipulation of generality siswa memunculkan word saat menyelesaikan masalah dan menarik kesimpulan yang valid, tetapi tidak saat mengecek kembali hasil jawaban; dan 3) symbols yang muncul dalam generalisasi matematis terjadi pada tahap perception dan symbolic expression of generality. Tahap expression of generality siswa memunculkan symbols saat menghitung suku berikutnya tetapi tidak saat menguraikan pola secara numerik/verbal. Tahap manipulation of generality siswa memunculkan symbols saat menyelesaikan masalah tetapi tidak saat mengecek kembali hasil jawaban dan menarik kesimpulan yang valid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Ihda Mutimmatulihdamutimmatulfitriyah@gmail.comD04216015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Matematika
Keywords: Gesture; Word; Symbols; Generalisasi Matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihda Mutimmatul Fitriyah
Date Deposited: 10 Sep 2020 06:52
Last Modified: 10 Sep 2020 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43779

Actions (login required)

View Item View Item