Pengaruh jumlah tenaga kerja, modal dan bahan baku terhadap tingkat produksi industri konveksi di Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Apriliah, Eka Fatma (2020) Pengaruh jumlah tenaga kerja, modal dan bahan baku terhadap tingkat produksi industri konveksi di Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Fatma Apriliah_G01216008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan data primer dengan metode wawancara dimana responden dari penelitian ini adalah pengusaha industri konveksi yang ada di Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan diolah menggunakan Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel tenaga kerja, modal awal, dan bahan baku berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap produksi konveksi di Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Di buktikan dengan hasil prob dari tenaga kerja sebesar 0.0000 (< 5%), Modal sebesar 0.0174(< 5%), dan Bahan Baku sebesar 0.0000 (< 5%). Adapun secara serentak atau simultan variabel tenaga kerja, modal awal, dan bahan baku berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap produksi konveksi di Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Di buktikan dengan nilai Sig. F sebesar 0.0000 (< 5%). Dari penelitian ini juga didapatkan bahwa variasi variabel terikat (produksi) mampu dijelaskan oleh variabel bebas (tenaga kerja, modal awal, dan bahan baku) sebesar 99,99 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial variabel tenaga kerja, modal awal, dan bahan baku berpengaruh terhadap tingkat produksi. Sedangkan secara simultan variabel tenaga kerja, modal awal, dan bahan baku berpengaruh terhadap tingkat produksi. Hal ini berarti bahwa semakin besar modal yang dikeluarkan, jumlah tenaga kerja yang digunakan dan jumlah bahan baku yang dimiliki, maka semakin besar pula kemungkinan jumlah produk yang dihasilkan, sehingga kemungkinan pendapatan yang diterima semakin besar dari hasil penjualan produksi pada Industri Konveksi tersebut. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu pemilik usaha sebaiknya selalu mengutamakan kualitas barang dan kepada pemerintah agar memberikan pembinaan terhadap tenaga kerjanya melalui pelatihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Apriliah, Eka FatmaEkafatmaapr0844@gmail.comG01216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Tenaga Kerja
Keywords: Industri Konveksi; Tenaga Kerja; ModalAwal; dan Bahan Baku.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: eka fatma apriliah
Date Deposited: 13 Sep 2020 22:43
Last Modified: 13 Sep 2020 22:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43798

Actions (login required)

View Item View Item