Analisis hukum Islam dan uu no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap resiko praktik jual beli iphone refurbished di BC Cell surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Octaviani, Anindya (2020) Analisis hukum Islam dan uu no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap resiko praktik jual beli iphone refurbished di BC Cell surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anindya Octaviani_C92216086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik Observasi, wawancara, dan studi dokumen. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dengan pola pikir induktif. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa yang pertama, jaminan yang diberikan pada transaksi jual beli hanya berupa garansi selama 7 hari. Kedua, Praktik jual beli Iphone Refurbished di Bc Cell Surabaya tidak memenuhi rukun dan syarat jual beli, sehingga tidak sah menurut hukum Islam karena barang yang diperjualbelikan tidak dijelaskan secara representasi. Kemudian berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, karena dalam hukum islam harus jelas dan harus memberikan informasi yang jelas kepada calon pembeli dan transaksi seperti ini termasuk mengandung unsur penipuan. Namun penjual tetap bertanggung jawab yang berupa jaminan garansi servis terhitung 7 hari selama masa awal pembelian. Sehingga praktik jual beli Iphone Refurbished di Surabaya dapat dipahami sebagai jual beli yang tidak diperbolehkan. Disarankan pada saat melakukan transaksi jual beli Iphone Refurbished sebaiknya tidak bertentangan dengan hukum positif dan hukum Islam. Kemudian bagi pembeli, sebaiknya berhati-hati dalam melakukan jual beli Iphone Refurbished dan harus meminta jaminan kepada penjual bahwa Iphone tersebut benar-benar tidak bermasalah dan kualitas bagus. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka ketika akan transaksi jual beli Iphone Refurbished dapat melakukan cek fisik. Serta untuk tokoh masyarakat yang lebih memahami masalah IT sebaiknya berbagi ilmu untuk mensosialisasikan terkait jual beli Iphone Refurbished agar masyarakat lebih mengerti dan berhati-hati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Octaviani, AnindyaAnindyaocta7@gmail.comC92216086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafa’ah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Subjects: Hukum Islam
Hukum
Keywords: Jual Beli; UU No. 8 Tahun 1999 ; Perlindungan Konsumen.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Anindya Octaviani
Date Deposited: 10 Sep 2020 10:35
Last Modified: 10 Sep 2020 10:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43807

Actions (login required)

View Item View Item