Manusia dan sifat-sifatnya dalam Al-Qur'an : analisis penafsiran kitab Tafsir Al-Qur'an Tematik edisi revisi karya Kementerian Agama RI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Linafathin, Aida Sufiana (2020) Manusia dan sifat-sifatnya dalam Al-Qur'an : analisis penafsiran kitab Tafsir Al-Qur'an Tematik edisi revisi karya Kementerian Agama RI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aida Sufiana Linafathin_E93215088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kitab Tafsir Al-Qur’an Tematik (edisi revisi) karya Kementerian Agama terbit pada tahun 2014. Kitab tafsir tematik tersebut merupakan karya bersama (kolektif) yang menjadi bagian dari ijtihad jama’i dalam bidang tafsir. Adapun hal yang melandasi terbitnya kitab tersebut, yakni “Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2005” tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2004-2009 (yang berkaitan dengan kehidupan beragama). Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah ragam term manusia beserta kecenderungan dan sifatnya yang Allah terangkan dalam Al-Qur’an. Kemudian bagaimana kitab Tafsir Al-Qur’an Tematik (edisi revisi) mengkaji hal tersebut. Sehingga adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi hal tersebut pula. Adapun model penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan library research sebagai jenis penelitiannya. Oleh karena itu, sumber data penelitian ini bersifat kepustakaan. Kemudian dalam teknis analisisnya, menggunakan metode analisis deskriptif diiringi pendekatan analisis isi. Hasil penelitian ini pun menunjukkan bahwa lahirnya karya tafsir tematik melalui tim yang dibentuk oleh Kementerian Agama RI tersebut bermaksud memudahkan masyarakat dalam menemukan solusi-solusi atas beragam wujud ujian hidup yang menempanya. Salah satu wujud solusi tersebut adalah dengan lebih mengenal hakikat dirinya sebagai manusia, untuk kemudian dapat mengenal Allah beserta kuasa-Nya sebagai Sang-Pencipta. Sepanjang menganalisis penafsiran dari kitab Tafsir Al-Qur’an Tematik (edisi revisi) atas ayat-ayat bertema manusia dan sifat-sifatnya, menggunakan metode semantik. Adapun kesimpulan yang didapat yakni, dalam Al-Qur’an terdapat tiga jenis term yang digunakan untuk menyebut manusia, antara lain basyar, insan dan derivasinya, serta bani adam. Dimana masing-masing term memiliki esensinya masing-masing dalam megungkap sosok manusia. Dan hal tersebut secara tidak langsung turut mendukung dalam pengungkapan ragam kecenderungan dan sifat manusia berjenis positif dan negatif yang oleh Allah, diterangkan pula melalui ayat-ayat Al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Linafathin, Aida Sufianaliinafathin414204@gmail.comE93215088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Muzayyanah Mutashimmuzayyanah@yahoo.com195812311997032001
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Pendidikan
Tafsir
Keywords: Manusia; Sifat; Tafsir Al-Qur’an Tematik.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Aida Sufiana Linafathin
Date Deposited: 10 Sep 2020 07:06
Last Modified: 10 Sep 2020 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43824

Actions (login required)

View Item View Item