Studi perbandingan variasi model filter air dengan metode Horizontal terhadap peningkatan kualitas garam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarrom, Muhammad Aqiel (2020) Studi perbandingan variasi model filter air dengan metode Horizontal terhadap peningkatan kualitas garam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh. Aqiel Mukarrom_H74216065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pencemaran yang terjadi pada air laut dapat menurunkan kualitas produksi garam. Jumlah dan mutu garam di Indonesia yang belum mengalami peningkatan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan Indonesia belum bisa bersaing dengan pasar global. Penelitian ini dilakukan untuk mencari teknologi tepat guna yang dapat memperbaiki kualitas garam serta dapat di aplikasi kepada masyrakat. Teknologi yang digunakan yaitu penambahan filter. Terdapat 3 macam model susunan filter yang digunakan, yaitu model A (zeolit, pecahan karang, serat sabut kelapa, arang dan spons), model B (zeolit, serat sabut kelapa, pecahan karang dan arang), model C (serat sabut kelapa, arang, zeolit dan spons) dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya hambatan oleh 3 model filter, dimana model B memiliki hambatan alir yang lebih kecil dibanding model lainnya model A memiliki hambatan alir 35%, model B memiliki hambatan alir 32% dan model C memiliki hambatan alir 38%. Kandungan Natrium Chloride (NaCl) pada penelitian ini menunjukan bahwa model B menghasilkan kandungan NaCl lebih tinggi dibanding model yang lain. Dimana model B mampu menghasilkan kadar NaCl 97,21% mencapai SNI garam industri aneka pangan . Disamping itu, kadar NaCl yang dihasilkan oleh model B merupakan kualitas nomor 1 atau tergolongan kualitas tinggi. Model B dikarenakan terdapat pecahan karang yang mengandung senyawa kalsium karbonat CaCO3 dapat menurunkan kadar logam. Pada penelitian ini filter model B berpotensi lebih baik untuk menghasilkan kandungan NaCl yang optimal dengan hambatan alir yang lebih kecil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarrom, Muhammad Aqielaqielmukarrom@gmail.comh74216065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id199203292019031012
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Filter air; peningkatan kualitas garam; laju penyaringan filter.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Muhammad Aqiel Mukarrom
Date Deposited: 16 Oct 2020 07:25
Last Modified: 16 Oct 2020 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43826

Actions (login required)

View Item View Item