Analisis hukum Islam dan undang-undang ketenaga kerjaan terhadap kontrak kerja relawan Ramadan: studi kasus di Yayasan Nurul Hayat Kecamatan Gunung Anyar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ristiyanti, Jihan (2020) Analisis hukum Islam dan undang-undang ketenaga kerjaan terhadap kontrak kerja relawan Ramadan: studi kasus di Yayasan Nurul Hayat Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jihan Ristiyanti_C92216167.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah bentuk dari hasil penelitian lapangan dengan judul “Analisis Hukum Islam dan Undang-Undang Ketenagakerjaan terhadap Kontrak Kerja Relawan Ramadan (Studi Kasus di Yayasan Nurul Hayat Kecamatan Gunung Anyar Surabaya)” Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua rumusan masalah yaitu: pertama, bagaimana deskripsi kontrak kerja relawan Ramadan di Yayasan Nurul Hayat Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Kedua, bagaimana analisis hukum Islam dan Undang-Undang Ketenagakerjaan terhadap kontrak kerja relawan Ramadan di Yayasan Nurul Hayat Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen dan wawancara. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pertama kontrak kerja antara relawan Ramadan dan Yayasan Nurul Hayat dilakukan pada 02 Mei 2019, dengan jangka waktu kerja terhitung 06 Mei 2019 sampai 03 Juni 2019. Selain ketentuan yang tertera dalam kontrak, juga terdapat aturan yang dibuat secara lisan. Kedua, praktek kontrak ini tidak memenuhi dua dari empat rukun Ija<rah, yakni ketentuan upah dan manfaat pekerja. Dalam Prakteknya, terdapat wanprestasi baik oleh pihak relawan Ramadan maupun YNH. Pihan relawan Ramadan tidak memenuhi ketentuan Pasal 61 Ayat 61 UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Sedangkan, pihak YNH tidak memenuhi sebagian dari ketentuan Pasal 54 UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Pasal 57 Perpem No. 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan. Sejalan dengan kesimpulan di atas, terdapat saran dari aspek normatif dan aspek praktis. Aspek normatif, pertama, sebelum melakukan kesepakatan, sebaiknya para pihak memahami isi dari kontrak kerja. Kedua, baik perusahaan maupun pekerja harus memiliki pengetahuan terkait aturan ketenagakerjaan. Aspek Praktis, pertama YNH selaku perusahaan yang memiliki wewenang membuat kontrak kerja harus berpedoman pada ketentuan undang-undang, sehingga tidak menimbulkan kesalahan penafsiran. Kedua, pihak relawan Ramadan, harus memiliki pemahaman secara jelas terkait isi kontrak kerja sebelum melkukan kesepakatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ristiyanti, Jihanjihanristiyanty88@gmail.comC92216167
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChoiroh, Ifa Mutitulifachoiroh@gmail.com2030047902
Subjects: Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Tenaga Kerja
Keywords: Hukum Islam; Undang-undang ketenagakerjaan: Kontrak kerja; Relawan Ramadan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Jihan Ristiyanti
Date Deposited: 10 Sep 2020 11:50
Last Modified: 10 Sep 2020 11:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43829

Actions (login required)

View Item View Item