Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model Treffinger berbasis seni kaligrafi guna melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Elisa, Elisa (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model Treffinger berbasis seni kaligrafi guna melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elisa_D04216008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Etnomatematika merupakan strategi pembelajaran dengan mengkaitkan unsur budaya pesantren yakni seni kaligrafi dan materi transformasi geometri. Adapun penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika dalam seni kaligrafi jenis kufi serta mendeskripsikan proses, kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan antara lain Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan lembar Tes Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) yang disesuaikan dengan model Treffinger berbasis seni kaligrafi. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 fase, namun karena terjadinya wabah pandemi Covid-19 maka penelitian ini hanya dapat melalui 3 fase yaitu: (1) analyze (2) design, (3) development. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, validasi, observasi, angket dan tes.Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data konsep matematika yang ada pada contoh kaligrafi yang telah didapatkan.Validasi digunakan untuk mendapatkan data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.Data yang diperoleh selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Dari analisis yang dilakukan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Terdapat bentuk etnomatematika dalam seni kaligrafi jenis kufi diantaranya, konsep refleksi dan konsep rotasi. 2) Perangkat pembelajaran memperoleh kategori “valid” dengan rata-rata total kevalidan RPP sebesar 3,69, rata-rata total kevalidan LKPD sebesar 3,70, rata-rata total kevalidan lembar TKBK sebesar 3,80. 3) Perangkat pembelajaran telah dinilai “praktis” dengan rata-rata penilaian “B” yang artinya perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Elisa, Elisaelaelisa26@gmail.comD04216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Keywords: Model Treffinger; Etnomatematika; Seni kaligrafi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Elisa Elisa
Date Deposited: 10 Sep 2020 07:13
Last Modified: 10 Sep 2020 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43831

Actions (login required)

View Item View Item