Etos kerja Etnis Tionghoa dalam berwirausaha : studi pada pengusaha Etnis Tionghoa Muslim anggota Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Wilayah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lathifah, Nurul (2020) Etos kerja Etnis Tionghoa dalam berwirausaha : studi pada pengusaha Etnis Tionghoa Muslim anggota Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Wilayah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Lathifah_I03216019.pdf

Download (16MB)

Abstract

Fokus pada pembahasan yang akan dibahas dalam penelitian ini ada dua pokok pembahasan, yakni Etos Kerja Etnis Tionghoa Muslim Dalam Berwirausaha (Studi Pada Pengusaha Anggota Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Wilayah Surabaya), mengenai bagaimanakah etos kerja dari etnis Tionghoa muslim dalam melakukan wirausahanya, kemudian mengenai hal apa saja yang menjadi latar belakang atau motivasi dari etnis Tionghoa muslim dalam berwirausaha pada pengusaha anggota dari Persatuan Islam Tionghoa Indonesia wilayah Surabaya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi pada pengusaha etnis Tionghoa muslim dalam berwirausaha dari anggota Persatuan Islam Tionghoa Indonesia wilayah Surabaya yang mana menggunakan teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme oleh Marx Weber. Dari penelitian ini, menemukan beberapa hasil bahwa etos kerja etnis Tionghoa dalam berwirausaha (studi pada pengusaha etnis Tionghoa muslim anggota Persatuan Islam Tionghoa Indonesia wilayah Surabaya) telah terbuktikan bahwa semangat kerja keras di dapat dari kemauan individu untuk belajar dan berjuang dengan motivasi, kerja keras, berdo’a dan melestarikan pelajaran yang telah diajarkan oleh nenek moyang ataupun orang tuanya. Tidak semua kehidupan akan terasa bahagia jika kita memiliki banyak harta dunia tanpa adanya rasa simpati dan empati terhadap sesama, bekerja keras untuk membantu orang di sekeliling kita tidak harus menunggu kita kaya, melainkan dengan berusaha, tekun dan disiplin maka kita bisa membantu banyak orang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lathifah, Nurulnurullathifah116@gmail.comI03216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abidabid.rohman@uinsby.ac.id2023067704
Subjects: Etos Kerja
Keywords: Etos kerja; Etnis Tionghoa; Berwirausaha
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: NURUL LATHIFAH
Date Deposited: 15 Sep 2020 11:49
Last Modified: 15 Sep 2020 11:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43832

Actions (login required)

View Item View Item