Pengaruh inflasi, upah minimum, belanja daerah dan pinjaman perbankan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Jawa Timur tahun 2013-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nursafitri, Selly (2020) Pengaruh inflasi, upah minimum, belanja daerah dan pinjaman perbankan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Jawa Timur tahun 2013-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Selly Nursafitri_G71216080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul ―Pengaruh Inflasi, Upah Minimum, Belanja Daerah dan Pinjaman Perbankan Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka di Jawa Timur Tahun 2013-2018‖ ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah inflasi, upah minimum, belanja daerah dan pinjaman perbankan berpengaruh terhadap tingkat pengangguran terbuka di Jawa Timur tahun 2013-2018. Metodologi penelitian yang digunakan adalah regresi data panel dengan model random effect. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, dengan sumber data yang berasal dari BPS dan Disnakertrans Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel inflasi tidak berpengaruh signifikan dan berhubungan negatif terhadap pengangguran terbuka di Jawa Timur dengan nilai sig 0.4622, variabel upah minimum tidak berpengaruh signifikan dan berhubungan negatif terhadap tingkat pengangguran terbuka di Jawa Timur dengan nilai sig 0.1010, variabel belanja daerah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Jawa Timur dengan nilai sig 0.0063, sedangkan pinjaman perbankan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Jawa Timur dengan nilai sig 0.0000. Secara bersama-sama variabel inflasi, upah minimum provinsi, belanja daerah dan pinjaman perbankan berpengaruh secara signifikan terhadap pengangguran terbuka di Jawa Timur, dengan nilai sig 0.000195. Penelitian ini menjelaskan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap pengangguran terbuka di Jawa Timur adalah belanja daerah, saran yang penulis sampaikan dalam penelitian ini diperlukan suatu kebijakan dengan lebih meningkatkan peran belanja daerah di berbagai sektor. Serta bagi lembaga perbankan agar lebih selektif lagi dalam memberikan kredit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nursafitri, Sellysellynursafitri27@gmail.comG71216080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Chandraanatoniroby@gmail.com201603311
Subjects: Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Selly Nursafitri
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:07
Last Modified: 10 Sep 2020 13:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43838

Actions (login required)

View Item View Item