Sejarah peran Nyai Aqidah Usymuni sebagai da'i dan pemimpin Pondok Pesantren Aqidah Usymuni Terate Pandian Sumenep (1985-2019)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Layyinah, Inast Mardatina (2020) Sejarah peran Nyai Aqidah Usymuni sebagai da'i dan pemimpin Pondok Pesantren Aqidah Usymuni Terate Pandian Sumenep (1985-2019). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inast Mardatina Layyinah_A02216018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah: Bagaimana sosok Nyai Aqidah Usymuni dan bagaimana Sejarah Peran Kepemimpinan dan Dakwah Nyai Aqidah Usymuni. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian sejarah yaitu: Heuristik (pengumpulansumber), Verifikasi (kritiksumber), Interpretasi (penafsiransumber), dan Historiografi (penulisansejarah). Pendekatan dan kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis yang bertujuan untuk mendeskripsikan apasaja yang terjadi di masa lampau. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori peranan dari bukunya Soerjono Soekamto serta teori khrismatik oleh Max Weber dan Ibnu Khaldun. Dari hasil penelitian yang dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa Nyai Aqidah Usymuni merupakan sosok perempuan yang mendirikan dan mengasuh Pondok Pesantren Aqidah Usymuni yang didirikan pada tanggal 07 Juni 1985. Ia lahir di desa Pandian Kabupaten Sumenep pada tahun 1938. Peran yang dilakukan Nyai Aqidah Usymuni sebagai Da’i dan pemimpin pondok mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan zaman dan situasi kondisi yang melingkupinya, untuk itu ia menggunakan strategi dakwah dan kepemimpinan yang sesuai dengan tuntunan yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Layyinah, Inast Mardatinainastmursidin@gmail.comA02216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'la, Abdabdalabs@gmail.com2005095701
Subjects: Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Kepemimpinan
Keywords: Sejarah Islam; Nyai Aqidah Usymuni; Kepemimpinan; Pondok Pesantren Aqidah Usymuni Terate Pandian Sumenep
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Inast Mardatina Layyinah
Date Deposited: 10 Sep 2020 12:54
Last Modified: 17 Sep 2020 16:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43842

Actions (login required)

View Item View Item