Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model anchored instruction dengan metode Al-Ghazali untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriana, Hanifa Dyah (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model anchored instruction dengan metode Al-Ghazali untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifa Dyah Fitriana_D74216052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang penting karena dalam proses pembelajaran maupun penyelesaiannya, peserta didik dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang sudah dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kondisi awal pembelajaran materi SPLDV di sekolah, proses mendesain prototipe 1, kevalidan dan kepraktisan hasil pengembangan perangkat pembelajaran model pembelajaran Anchored Instruction dengan metode Al-Ghazali untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi dan fase tes, evaluasi dan revisi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi SPLDV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi untuk data kondisi awal pembelajaran materi SPLDV di tempat penelitian, teknik catatan lapangan untuk data mendesain prototipe 1 dan teknik angket untuk data kevalidan dan kepraktisan perangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri 4 Kota Surabaya kurang baik. Kemudian untuk kondisi awal mengenai proses pembelajaran materi SPLDV dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi untuk menjelaskan materi. Selanjutnya, untuk proses mendesain prototipe 1 dilakukan selama 2 bulan yang menghasilkan RPP yang memuat metode ceramah pada awal pembelajaran, metode pemberian tugas berbentuk video, metode diskusi dalam menyelesaikan LKPD dan metode hadiah-hukuman dengan penambahan skor. Sedangkan LKPD disusun berdasarkan langkah Polya. Kemudian, perangkat pembelajaran dikatakan valid dengan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 3,3275 dan LKPD sebesar 3,4218. Perangkat pembelajaran juga dikatakan praktis dengan masing-masing perangkat dinilai B oleh keempat validator sehingga perangkat dapat digunakan dengan sedikit revisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan praktis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriana, Hanifa Dyahhanifadyahfitriana@gmail.comD74216052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Pemecahan Masalah; Model Anchored Instruction; Metode Al-Ghazali.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hanifa Dyah Fitriana
Date Deposited: 12 Sep 2020 10:11
Last Modified: 12 Sep 2020 10:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43857

Actions (login required)

View Item View Item