التناص القرآني في القصة أرني الله لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muqoddimah, Hubby Nurul (2020) التناص القرآني في القصة أرني الله لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hubby Nurul Muqoddimah_A91216121.pdf

Download (1MB)

Abstract

Taufiq al-Hakim adalah sastrawan Mesir yang lahir pada tahun 1898 di Alexandria, Mesir dan meninggal pada tahun 1987 di Kairo, Mesir. Ia lahir dari keluarga berdarah dua negara. Ayahnya berdarah Mesir sedangkan ibunya berdarah Turki. Selain menempuh pendidikan, Taufiq al-Hakim juga meluangkan waktunya untuk mendalami ilmu seni hingga menghasilkan berbagai karya sastra baik dalam bentuk drama, novel, cerita pendek, dan lain sebagainya. Berdasarkan karya-karyanya penulis tertarik untuk mengkaji salah satu karya dari Taufiq al-Hakim yaitu cerita Arinillah untuk diketahui 1. Bagaimana bentuk interteks Al-Qur'an dalam cerita Arinillah karya Taufiq al-Hakim. 2. Bagaimana fungsi interteks Al-Qur'an dalam cerita Arinillah karya Taufiq al-Hakim. Penelitian ini bersumber pada cerita Arinillah karya Taufiq al-Hakim. Data yang digunakan oleh peneliti adalah seluruh aspek kebahasaan dan kesusastraan baik berupa kata, kalimat, atau wacana yang ada di dalamnya. Pisau analisis yang digunakan adalah teori interteks dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun beberapa hasil analisis yang didapatkan peneliti adalah terdapat 9 interteks langsung dan 10 interteks tidak langsung. Kedua interteks tersebut memiliki fungsi masing-masing yaitu 16 interteks yang berfungsi sebagai penekanan atas topik yang umum, dan 3 interteks berfungsi sebagai ungkapan ideologis pengarang dan sikapnya pada suatu realita. Oleh sebab itu, telah jelas bahwa dalam cerita Arinillah karya Taufiq al-Hakim terdapat bentuk- bentuk interteks dan fungsi-fungsinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muqoddimah, Hubby Nurulhubbynurul@gmail.comA91216121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShodiq, Mahfudz Muhammadgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Interteks Al-Qur'an; cerita Arinillah; Taufiq al-Hakim.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Hubby Nurul Muqoddimah
Date Deposited: 12 Sep 2020 07:50
Last Modified: 12 Sep 2020 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43890

Actions (login required)

View Item View Item