Korelasi antara strategi learning start with a question dengan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tafaqqurilah, Masitha (2020) Korelasi antara strategi learning start with a question dengan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masitha Tafaqqurillah _D91216108.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah berikut ini: (1) Bagaimana pelaksanaan strategi learning start with a question pada mata pelajaran fiqih di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo? (2) Bagaimana aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo? (3) Bagaimana korelasi antara strategi learning start with a question dengan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi yang berjumlah 440 siswa, dan penelitian kali ini merupakan penelitian sampel yang diambil sampel sebanyak 44 siswa. Penelitian ini berlokasi di Madrasah Aliyah Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan rumus product moment. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah (1) dari hasil angket mengenai pelaksanaan strategi learning start with a question pada mata pelajaran Fiqih di kelas XI MAN Sidoarjo tergolong cukup dengan hasil 60% yang berada diantara 35% - 65%. (2) dari hasil angket mengenai aktivitas belajar peserta didik di kelas XI MAN Sidoarjo cukup dengan hasil 59.3% yang berada diantara 35% - 65%. (3) hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi learning start with a question mempunyai korelasi atau keterkaitan dengan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di kelas XI MAN Sidoarjo. Korelasi atau keterkaitannya menunjukkan hasil yang tergolong “cukup atau sedang” berdasarkan hasil perhitungan rxy menggunakan rumus product moment dengan nilai 0,468668 yang pada tabel interpretasi product moment terletak di antara 0,40 – 0,70.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tafaqqurilah, Masithamasitha08@gmail.comD91216108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Korelasi; Strategi Learning Start With a Qestion; Aktivitas Belajar Peserta Didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masitha Tafaqqurillah
Date Deposited: 12 Sep 2020 09:39
Last Modified: 12 Sep 2020 09:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43904

Actions (login required)

View Item View Item