Internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak pada remaja melalui pengamalan sholawat Wahidiyah di desa Hulaan kecamatan Menganti kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Muhammad Fiqih (2020) Internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak pada remaja melalui pengamalan sholawat Wahidiyah di desa Hulaan kecamatan Menganti kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fiqih Abdillah_D91216113.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak pada remaja melalui pengamalan Sholawat Wahidiyah di desa Hulaan Menganti Gresik. Dengan menghayati ajaran-ajaran yang ada didalamSholawat Wahidiyah yakni Lillah-Billah, Lirrosul-Birrosul, Lilghouts-Bilghouts, Yukti Kullah Dzi Haqqin Haqqoh, Taqdimul Aham fal Aham Tsummal Anfa’ wal Anfa’, serta memperhatikan tata cara adab lahir dan bathin ketika mengamalkan Sholawat Wahidiyah, para remaja diharapkan dapar memiliki perubahan sifat menjadi lebih baik, karena remaja Pada zaman sekarang adalah pemimpin di masa yang akan datang.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didisain dengan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara di analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian, maka ditemukan beberapa hal yakni nilai-nilai
pendidikan akhlak dalam pengamalan Sholawat Wahidiyah dapat ditemukan dengan cara selalu menerapkan ajaran Sholawat Wahidiyah misalnya Lillah-Billah, menerapkan rasa Istihdloor yakni merasa benar-benar dihadapan Allah dan Rosulullah SAW, merasa diri sendiri adalah seseorang yang berlumuran dosa. Kemudian kegiatan yang mendukung terciptanya nilai-nilai pendidikan akhlak ialah mujahadah 40 hari, mujahadah yaumiyah, perkemahan kubro wahidiyah, dan mauidhotul hasanah yang terdapat di hampir setiap rutinan Sholawat Wahidiyah. Setelah itu manfaat yang diperoleh setelah mengamalkan Sholawat Wahidiyah yang terutama yakni kejernihan hati, lebih mementingkan orang lain daripada diri sendiri, sabar, saling tolong-menolong, pemaaf, menjaga lisan, menghormati orang lain, sopan santun, berprasangka baik, introspeksi diri, berfikir sebelum bertindak, dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Muhammad Fiqihfiqih2333@gmail.comD91216113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, M.mustofahuda57@gmail.com2012025701
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibbinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Remaja
Keywords: Pendidikan Akhlak; Nilai pendidikan Akhlak; Sholawat Wahidiyah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fiqih Abdillah
Date Deposited: 13 Sep 2020 03:50
Last Modified: 13 Sep 2020 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43917

Actions (login required)

View Item View Item