Analisis proses matematisasi horizontal dan vertikal siswa dalam menyelesaikan soal PISA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuraini, Eva (2020) Analisis proses matematisasi horizontal dan vertikal siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Nuraini_D04216009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses matematisasi merupakan transformasi masalah dunia nyata menjadi bentuk matematis yang dapat mencakup penataan, pembuatan konsep, membuat asumsi, dan merumuskan model, lalu menafsirkan model matematika dalam kaitannya dengan masalah tersebut. Saat siswa dihadapkan pada situasi dunia nyata kemudian masalah tersebut ditransformasi ke dalam simbol-simbol matematika, maka siswa melakukan aktivitas pada proses matematisasi horizontal. Selanjutnya proses matematisasi vertikal terjadi ketika siswa dapat menafsirkan model matematika secara matematis untuk menemukan solusi penyelesaian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses matematisasi horizontal dan vertikal siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah 3 dari 32 siswa kelas VIII A MTsN 4 Surabaya yang dipilih berdasarkan kemampuan matematika yang dimiliki siswa dengan melihat skor tertinggi siswa setelah menyelesaikan soal PISA. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes tulis dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes tulis berstandar PISA dan lembar pedoman wawancara. Kemudian analisis data hasil wawancara yang dilakukan untuk menganalisis lebih dalam mengenai proses matematisasi horizontal dan vertikal siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Proses matematisasi horizontal siswa dalam menyelesaikan soal PISA yaitu siswa menyebutkan dan mengungkapkan semua informasi-informasi yang diperlukan, mengidentifikasi dua konsep matematika yang relevan, mengungkapkan kembali soal dengan kalimatnya sendiri, menyebutkan semua kata-kata yang terdapat pada soal dengan permisalan variabel, dan menjelaskan cara merumuskan model matematika. Sedangkan proses matematisasi vertikal siswa dalam menyelesaikan soal PISA yaitu siswa menggunakan representasi simbol dengan cara menuliskan beberapa model matematika, menggunakan simbol dan algoritma penyelesaian sesuai dengan konsep matematika, tidak melakukan revisi model matematika, memberikan argumentasi dan memberikan kesimpulan jawaban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuraini, Evaevanuraini05@gmail.comD04216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Keywords: Proses matematisasi; matematisasi horizontal; matematisasi vertikal; PISA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eva Nuraini
Date Deposited: 14 Sep 2020 02:45
Last Modified: 14 Sep 2020 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43921

Actions (login required)

View Item View Item