Level abstraksi reflektif siswa dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari gaya kognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustikarini, Adelia Ayu (2020) Level abstraksi reflektif siswa dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari gaya kognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adelia Ayu Mustikarini_D74216082.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstraksi reflektif merupakan aktivitas mengambil kesamaan kesamaan yang ada untuk membangun konsep matematika dengan menggunakan koordinasi-koordinasi tertentu dari struktur-struktur yang telah dibangun dan direorganisasikan yang mencakup 4 level, antara lain pengenalan (recognition), representasi (representation), abstraksi struktural (structural abstraction), kesadaran struktural (structural awareness). Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda dalam mengolah informasi (gaya kognitif). Perbedaan gaya kognitif dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level abstraksi reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat siswa dengan ketentuan dua siswa bergaya kognitif field independent dan dua siswa bergaya kognitif field dependent dari kelas XI MIPA 8 SMAN 1 Tarik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Hasil data tugas pemecahan masalah dan wawancara tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah matematika mampu melakukan tahapan solusi pada ke-empat level abstraksi reflektif dengan tepat. (2) Siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah matematika hanya mampu melakukan tahapan solusi pada level pengenalan (recognition) dan representasi (representation). Siswa tidak mampu melakukan tahapan solusi pada level abstraksi struktural (structural abstraction) karena siswa cenderung berpikir global, sehingga melakukan kesalahan karena terkecoh dengan soal dan tidak teliti. Siswa tidak mampu melakukan tahapan solusi pada level kesadaran struktural (structural abstraction), karena konsep yang digunakan pada level abstraksi struktural (structural abstraction) sudah salah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustikarini, Adelia Ayuadeliaayumustikarini@gmail.comD74216082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Level abstraksi reflektif; Matematika; Gaya kognitif; Field independent; Field dependent
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Adelia Ayu Mustikarini
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:14
Last Modified: 15 Sep 2020 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43940

Actions (login required)

View Item View Item