Konsep baladan aminan dalam Al Quran perspektif Muhammad Mahmud Hijazi dalam tafsir Al Wadhih

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifah, Kamala Karomatus (2020) Konsep baladan aminan dalam Al Quran perspektif Muhammad Mahmud Hijazi dalam tafsir Al Wadhih. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kamala Karomatus Syarifah_E93216117.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas lafaz} Baladan A>minan dalam QS.Al-Baqarah{2}: 126 dan QS. Ibrahim {14}: 35. Bagaimana mewujudkan negara aman dan sejahtera yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di zaman modern ini. Yang mana hal tersebut akan membawa nilai-nilai baru. Dilihat dari pola keseharian masyarakat yang telah diwarnai pola pikir, sikap, dan tindakan yang bersifat individualistik. Keadaan ini dapat dilihat dari kurang tangguhnya suatu ketahanan negara. Dalam penelitian ini penulis membahas baladan a>minan menggunakan penafsiran Mahmud Hijazi dikarenakan penafsirannya mudah dipahami. Sebagai mufassir kontemporer, Mahmud Hijazi juga menggunakan pendapat-pendapat dari mufassir lain dan beberapa hadis untuk melengkapi penjelasannya. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana Mahmud Hijazi mengartikan baladan a>minan. Mahmud Hijazi memberikan beberapa aspek dalam pengertian baladan a>minan. Peneliti juga menjabarkan maksud aspek-aspek dari Mahmud Hijazi. Dalam penelitian ini juga terdapat pendapat mufassir lain sebagai perbandingan. Seperti penafsiran dari Quraish Shihab, al-Maraghi, Sayyid qut}ub, Ibnu Kathir. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research) dan termasuk jenis penelitian kualitatif. Poin dari penelitian ini ialah makna baladan a>minan dari Mahmud Hijazi dalam kitab al-Wa>dhih dengan metode tematik, sebuah metode yang tepat untuk menjawab permasalahan yang semakin kompleks. Mahmud Hijazi memberikan penjelasan bahwa baladan a>minan dalam QS. Al-Baqarah {2}: 126 dan QS. Ibrahim {14}: 35 adalahtidak ada pertumpahan darah di dalamnya, tidak saling mendzolimi, tidak berbuat kerusakan di bumi, ketahanan pangan, serta menegakkan shalat dan bertakwa kepada Allah SWT. Peneliti juga memberikan analisis kritisnya dengan bantuan mufassir lain dalam menganalisis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifah, Kamala KaromatusKamalasy12@gmail.comE93216117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, Abu Bakarabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Thesis advisorUmar, Athoillahdakatir@live.com197909142009011005
Subjects: Biografi
Al Qur'an
Keywords: Baladan Aminan; Tematik; Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: kamala karomatus syarifah
Date Deposited: 15 Sep 2020 15:56
Last Modified: 15 Sep 2020 15:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43958

Actions (login required)

View Item View Item