Perlakuan akuntansi produk rusak dalam menetapkan harga pokok produksi pada CV Swada Karya Cemerlang Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Savitri, Handriani (2020) Perlakuan akuntansi produk rusak dalam menetapkan harga pokok produksi pada CV Swada Karya Cemerlang Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Handriani Savitri_G02216009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul ”Perlakuan Akuntansi Produk Rusak Dalam Menetapkan Harga Pokok Produksi Pada CV.Swada Karya Cemerlang Gresik” bertujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi produk rusak dalam tujuan menetapkan harga pokok produksi pada CV.Swada Karya Cemerlang Gresik.Metodelogi yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, Dokumentasi seputar objek. Setelah dokumentasi- dokumentasi terkumpul dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian CV.Swada Karya Cemerlang Gresik didapati adanya produk rusak yang bersifat laku dijual. Perlakuan akuntansi terhadap produk rusak pada CV.Swada Karya Cemerlang Gresik tidak dicatat dan juga tidak dilaporkan dalam laporan harga pokok produksi, sedangkan menurut konsep akuntansi biaya pelaporan produk rusak dilaporkan ke dalam laporan harga pokok produksi sebagai pengurang biaya overhead pabrik. Hasil dari penelitian ini CV. Swada Karya Cemerlang Gresik tidak melaporkan penjualan produk rusak ke dalam laporan harga pokok produksi, tidak dilaporkan penjualan produk rusak karena keuntungan menurut perusahaan sudah cukup tinggi sehingga laporan harga pokok produksi mengalami over statement dengan akuntansi biaya, peneliti berharap CV Swada Karya Cemerlang Gresik melaporkan penjualan produk rusak agar perusahaan memperoleh laba yang tinggi sesuai dengan akuntansi biaya. Saran sebaiknya perusahaan harus mengakui penjualan produk rusak sebagi pengurang biaya overhead pabrik agar perhitungan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan lebih rendah. Perusahaan harus lebih menerapkan quality control khususnya dibagian proses produksi dan lebih hati-hati dalam proses pencampuran bahan baku agar tidak salah dan bisa meminimalkan terjadinya kerusakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Savitri, Handrianihandrianisvt@gmail.comG02216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustin-2008088302
Subjects: Dokumen - Pemalsuan
Keywords: produk rusak; perlakuan akuntansi produk rusak; PSAK no. 14.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: handriani savitri
Date Deposited: 14 Sep 2020 10:32
Last Modified: 14 Sep 2020 10:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43959

Actions (login required)

View Item View Item