Strategi musyrif dalam membentuk karakter kepemimpinan dan kemandirian siswa boarding school : studi kasus di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School, Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basyar, Muhammad Khairul (2020) Strategi musyrif dalam membentuk karakter kepemimpinan dan kemandirian siswa boarding school : studi kasus di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School, Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Khairul Basyar F02318096.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dekadensi karakter kepemimpinan dan kemandirian bangsa ini telah membuat lembaga pendidikan sebagai lembaga resmi yang bertanggung jawab dalam mendidik karakter generasi bangsa terus berbenah.Penelitian ini mengambil studi kasus di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School (ICMBS), Sidoarjo. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana strategi Musyrif dalam membentuk karakter kepemimpinan dan kemandirian siswa SMA ICMBS; (2) Bagaimana problematika Musyrif dalam membentuk karakter kepemimpinan dan kemandirian siswa SMA ICMBS; (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat Musyrif dalam membentuk karakter kepemimpinan dan kemandirian siswa SMA ICMBS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan indept interview dengan key informant: Supervisor Asrama SMA ICMBS, Musyrif, siswa, dan Alumni. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikonklusikan: (1) Strategi Musyrif dalam membentuk karakter kepemimpinan dan kemandirian terbagi dua yaitu internal dan eksternal. Strategi internal meliputi enam tahapan yaitu: perencanaan, pengenalan, pelaksanaan, pengawasan, reward and punishment, dan evaluasi. Perencanaan diintegrasikan melalui organizing divisi kepengurusan asrama. Pengenalan diintegrasikan melalui pembelajaran diniyah, Taujihat Wal Irsyadat, pendidikan keorganisasian, dan keteladanan. Pelaksanaan di integrasikan melalui kegiatan Organisasi Asrama Santri, multi activities, dan kedisiplinan. Pengawasan diimplementasikan oleh seluruh komponen lembaga pedidikan, reward and punishment diintegrasikan sesuai prinsip dan ketetapan yang berlaku, evaluasi diintegrasikan melalui rapat Musyrif, Musyrif dengan siswa, dan ujian diniyah. Sedangkan eksternal meliputi pengenalan, pengawasan, dan evaluasi yang diintegrasikan melalui komunikasi aktif dengan orang tua wali baik formal maupun nonformal. (2) Problematika Musyrif dalam membentuk karakter kepemimpinan dan kemandirian siswa SMA ICMBS meliputi internal dan eksternal (3) Sebagaimana faktor pendukung dan penghambat yang terdiri dari internal dan eksternal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basyar, Muhammad Khairulkhairulbasyar181191@gmail.comF02318096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Strategi; Musyrif; Karakter Kepemimpinan dan Kemandirian; Boarding School.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Khairul Basyar
Date Deposited: 16 Sep 2020 10:24
Last Modified: 16 Sep 2020 10:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43975

Actions (login required)

View Item View Item