تطوير منهج تعليم اللغة العربية لترقية المهارات اللغوية بمعهد الإسماعيلي للتربية الإسلامية الحديثة ببولوبرانجسي – لارين - لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suroya, Lubab (2020) تطوير منهج تعليم اللغة العربية لترقية المهارات اللغوية بمعهد الإسماعيلي للتربية الإسلامية الحديثة ببولوبرانجسي – لارين - لامونجان. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lubab Suroya_F12618274.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliti melihat banyak kendala-kendala yang dihadapi oelh para guru bahsa Arab di pondok pesantren Al Ismaili, khusunya guru Bahasa Arab di kelas 1 KMI. Adapun sebab pokoknya adalah tidak adanya kurikulum Bahasa Arab yang lengkap dan standar, karena pondok ini masih beranggapan bahwa kurikulum adalah sebatas buku ajar saja tanpa menentukan tujuan pembelajaran, methode bahkan tata cara evaluasi kecuali sangat sedikit itupun tidak tertulis lengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pengembangan kurikulum Bahasa Arab di kelas 1 KMI dan juga unguk mengetahui efektifitasnya terhadap kemampuan berbahasa siswa khususnya pada kemampuan berbicara dan menulis. Model penelitian ini adalah R&D dengan mengikuti metode 4D Thiagarajan (1974) yang meliputi 4 tahapan yaitu Define, Design, Develop dan Desseminate. Di dalam memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi, penyebaran angket dan melalui test. Adapun di dalam menganalisa data yang telah diperoleh, peneliti menggunakan methode t-Test, hal ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh atau efektifitas kurikulum yang telah dikembangkan terhadap hasil pembelajaran. Adapaun hasil dari penelitian ini adalah adanya kurikulum pengajaran Bahasa Arab yang baru yang lebih sempurna dari kurikulum yang lama, yang mana di dalamnya tercantumkan tujuan pembelajaran, materi, setrategi atau metode pengajaran yang mengarah pada tujuan dan juga penetapan model evaluasi yang harus dilakukan agar benar-benar efektif dalam mengukur kemampuan peserta didik. Peneliti menilai bahwa kurikulum yang baru ini benar-benar efektif jika diterapkan, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh pada pelaksanaan t-Test, yang mana nilai post test lebih besar dari pada nilai pre test. Hal ini dikuatkan juga oleh hasil wawancara dan angket yang disebar kepada siswa dan guru, dari sini diperoleh kesimpulan bahwa siswa dan para guru Bahasa Arab merasa lebih mudah dalam mengajar dan merasa lebih terarah karena mengetahui tujuan yang harus dicapai serta mengetahui cara sampai pada tujuan tersebut, dan siswapun merasa lebih senang dalam belajar karena methode yang digunakan menyenangkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suroya, Lubablubabsuroya626@gmail.comF12618274
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Pengembangan Kurikulum
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lubab Suroya
Date Deposited: 15 Sep 2020 05:44
Last Modified: 15 Sep 2020 05:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44003

Actions (login required)

View Item View Item