Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di MAN 2 Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiri, Miftakul (2020) Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di MAN 2 Kediri. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakul Khoiri_F02318085.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk membangun landasan pengembangan multimedia interaktif dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learnining dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) dan bagaimana respon guru dan peserta didik terhadap hasil produk multimedia interkatif sejarah kebudayaan Islam (SKI).Pada Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian pengembangan atau yang biasa dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), dengan mengikuti langkah-langkah menurut teori Borg and Gall. Lokasi penelitian di MAN 2 Kediri, subyeknya adalah guru dan siswa kelas XI di MAN 2 Kediri. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar validasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan prosentase dan analisis item pernyataan. Analisis data akan dijadikan bahan pertimbangan dalam merevisi prduk agar sesuai dengan landasan pengembangan media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa landasan pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dengan melalui pendekatan contextual teaching and learning adalah mengacu pada landasan psikologis, filosofis, dan sosiologis media pembelajaran. Dari ketiga landasan tersebut melahirkan asas dan prinsip pengembangan media yang dijadikan acuan pengembangan multimedia interaktif. Sedangkan respon guru dan peserta didik terhadap hasil produk multimedia interkatif sejarah kebudayaan Islam memberikan nilai yang positif dengan prosentase 91% dan 85 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiri, Miftakulmiftakulkhoiri123@gmail.comF02318085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Pengembangan; multimedia interaktif; CTL.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: miftakul khoiri
Date Deposited: 15 Sep 2020 23:41
Last Modified: 15 Sep 2020 23:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44006

Actions (login required)

View Item View Item