الصراع الباطني لمالفن و الرأس تفري في رواية "الظّل الأسود" لنجيب الكيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Nur (2020) الصراع الباطني لمالفن و الرأس تفري في رواية "الظّل الأسود" لنجيب الكيلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Afifah_A91216088.pdf

Download (1MB)

Abstract

Novel Ad-Dzillu Al-Aswad atau di Indonesia dikenal dengan novel Bayang-bayang Hitam merupakan novel karya Najib Kailani. Novel ini menceritakan tentang seorang Kaisar bernama Iyasu, dalam masa kepemimpinannya ia ingin rakyatnya memiliki hak kebebasan beragama atau ideologi, namun keputusan itu tidak bisa diterima dan mendapat penolakan keras oleh Tafari yang merupakan suami dari adik kandungnya bernama Malvin. Karena rasa tidak suka Tafari kepada Iyasu itu membuat terjadinya perang saudara diantara mereka, akhirnya Iyasu dan ayahnya kalah sehingga membuat mereka ditawan dan dilengserkan dari kekaisaran lalu kekaisaran jatuh kepada Zauditu bibinya karena konspirasi Tafari dan Matheus. Kekalahan Iyasu dan ayahnya membuat Malvin begitu sedih, ia semakin membenci Tafari meskipun ia adalah suaminya, Malvin sesungguhnya sudah tidak bisa hidup bersama Tafari namun kakaknya tidak bisa mengabulkan permintaannya itu sehingga disini peneliti mencoba untuk mengetahui bentuk dan faktor penyebab konflik batin yang dirasakan Malvin dan Tafari sehingga membuat fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Apa bentuk konflik batin pada Malvin dan Pimpinan Tafari dalam novel “Ad-Dzillu Al-Aswad” ? (2) Apa faktor-faktor penyebab konflik batin pada tokoh Malvin dan Pimpinan Tafari dalam novel “Ad-Dzillu Al-Aswad” ?. Untuk menjawab dua permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra dan sumber datanya berasal dari kata atau kalimat yang mengandung konflik batin pada Malvin dan Tafari dalam novel “Ad-Dzillu Al-Aswad”, ditinjau dari segi karya sastra itu sendiri yaitu untuk mengungkap bentuk serta faktor penyebab konflik batin. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa ada 17 data yang mengandung konflik batin pada Malvin dan Pimpinan Tafari. Sebagai analisis pertama, 17 data tersebut kemudian peneliti kelompokkan sesuai bentuk konflik, yaitu : 2 data termasuk konflik mendekat-mendekat, 10 data termasuk konflik mendekat-menjauh, dan 5 data termasuk konflik menjauh-menjauh. Lalu, pada analisis kedua ini peneliti mengelompokkan berdasarkan faktor penyebab adanya konflik, yaitu : 2 data faktor agresi, 1 data faktor kehilangan atau kerugian, 5 data faktor kepribadian, 4 data faktor kognitif, 3 data faktor ketidakberdayaan, dan 2 data faktor perilaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Nurnufa101197@gmail.comA91216088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDahlan, Djuwairiyahjuwairiyahdahlan@yahoo.com2029085401
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Analisis Novel; Konflik Batin; Psikologi Sastra.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nur Afifah
Date Deposited: 15 Sep 2020 07:45
Last Modified: 15 Sep 2020 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44009

Actions (login required)

View Item View Item