Pengaruh good corporate governance dan manajemen risiko terhadap kinerja keuangan: studi kasus pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Siti Nur Indah (2020) Pengaruh good corporate governance dan manajemen risiko terhadap kinerja keuangan: studi kasus pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Indah Sari_G72216079.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self assessment good corporate governance dan manajemen risiko terhadap kinerja keuangan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 43 perbankan dan diambil 38 perbankan sebagai sampel penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) dan website masing-masing perbankan yang dijadikan sampel. Teknik analisis yang digunakan yakni regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa variabel self assessment good corporate governance dan manajemen risiko berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap kinerja keuangan. Hasil persamaan regresi linier berganda yang diperoleh yakni Y = 2,209 – 0,641X1 – 0,279X2 + ε. Penelitian ini menemukan bahwa semakin baik hasil self assessment good corporate governance pada perbankan maka akan meningkatkan kinerja keuangannya, begitu juga ketika manajemen risiko perbankan diterapkan dengan baik maka akan memperkecil terjadinya risiko perbankan sehingga dapat meningkatkan kinerja keuangannya. Diharapkan bagi perbankan untuk meningkatkan penerapan good corporate governance dan manajemen risiko sebagai upaya meningkatkan kinerja keuangannya. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan menambah variabel-variabel lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja keuangan perbankan sehingga dapat dijadikan acuan bagi stakeholder dalam penambilan keputusan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Siti Nur IndahSnurindahsari08@gmail.comG72216079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Akuntansi
Bank dan Perbankan
Manajemen
Keywords: Good corporate governance; Manajemen risiko; Kinerja keuangan; Perusahaan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Siti Nur Indah Sari
Date Deposited: 15 Sep 2020 06:10
Last Modified: 15 Sep 2020 06:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44010

Actions (login required)

View Item View Item