Sejarah perkembangan tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyyah di pondok pesantren Daruttaqwa Suci Manyar Gresik (1987-2018)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Nur (2020) Sejarah perkembangan tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyyah di pondok pesantren Daruttaqwa Suci Manyar Gresik (1987-2018). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fatimah_A02216037.pdf

Download (1MB)

Abstract

kripsi dengan judul “Sejarah Perkembangan Tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyyah di Pondok Pesantren Daruttaqwa Suci Manyar Gresik (1987-2018)” memiliki tiga fokus penelitian diantaranya : 1.) Profil Pondok Pesantren Daruttaqwa Suci Manyar Gresik, 2.) Sejarah Tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyyah di Pondok Pesantren Daruttaqwa Suci Manyar Gresik, 3.) Perkembangan Tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyyah dan Responsif Masyarakat di Pondok Pesantren Daruttaqwa Suci Manyar Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis yakni melihat suatu peristiwa masa lalu secara diakronis, dalam waktu yang panjang namun dengan waktu yang singkat. Teori yang digunakan adalah teori development (perkembangan) yang menurut James W. Fowler merupakan suatu usaha dalam menganalisis serta menguraikan seluruh dorongan pada suatu proses perkembangan dengan menggunakan tahap-tahap kepercayaan secara empiris dan teoritis. Dan teori sejarah Ibn Khaldun sebagaimana hakikatnya sejarah mengandung penelitian, pemikiran, sebab-sebab adanya perwujudan masyarakat, dan ilmu yang sangat mendalam dari sifat-sifat yang ada pada berbagai peristiwa Adapun metode penelitan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyyah di pondok pesantren Daruttaqwa mengalami perkembangan sejak ajaran tarekat ini dibawa oleh KH. Muhammad Munawwar Adnan Khalil. Tarekat ini masuk pada tahun 1987 di pondok pesantren Daruttaqwa dan adanya tarekat ini sangat membawa pengaruh positif untuk santrinya dan masyarakat yang ada disekitar pondok ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, Nurnurfatimahfatim67@gmail.comA02216037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAqib, Kharisudinkharisuddinaqib@yahoo.co.id2017076802
Subjects: Adab
Budaya - Agama
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyyah; Pondok Pesantren Daruttaqwa,
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nur Fatimah
Date Deposited: 17 Sep 2020 03:30
Last Modified: 17 Sep 2020 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44043

Actions (login required)

View Item View Item