Hubungan antara Theory Of Mind dengan Kompetensi Sosial pada Anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Fitrotin (2020) Hubungan antara Theory Of Mind dengan Kompetensi Sosial pada Anak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitrotin Azizah_B37213046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh theory of mind terhadap kompetensi sosial pada anak. Pengukuran theory of mind yang diamati dalam penelitian ini meliputi diverse desires, diverse beliefs, knowledge access, false beliefs, dan hidden emotion (Wellman dan Liu, 2004). Sedangkan kompetensi sosial menggunakan aspek-aspek interaksi dan komunikasi, mengenal diri,, dan membangun tim (Jurevičienė, dkk., 2018). Lokasi penelitian adalah di MI Ma’arif 2 Sukorejo Pasuruan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 29 siswa dan siswi kelas 1 MI Ma’arif 2 Sukorejo Pasuruan. Pengisian data dibantu oleh guru kelas 1 MI Ma’arif 2 Sukorejo Pasuruan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasilnya menunjukkan bahwa theory of mind memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi sosial pada anak di MI Ma’arif Pasuruan. Nilai koefisien regresi yang diberikan oleh theory of mind terhadap kompetensi sosial adalah sebesar 0,384 dengan nilai t hitung 3,952 dan ρ value sebesar 0,001 (< α value 5%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Fitrotinfitrotinazizah900@yahoo.comB37213046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFithri, Rizmasoobihah@gmail.com2012037402
Subjects: Anak > Kepribadian
Keywords: theory of mind; kompetensi sosial; perkembangan anak.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Fitrotin Azizah
Date Deposited: 19 Sep 2020 06:59
Last Modified: 19 Sep 2020 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44079

Actions (login required)

View Item View Item