Pengaruh media musik religi terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadis di kelas X MA Darul Hikmah Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiq, Nurul Afifiyah (2020) Pengaruh media musik religi terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadis di kelas X MA Darul Hikmah Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Afifiyah Rofiq_D91216120.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliti ingin mengkaji beberapa permasalahan, yaitu (1) Bagaimana media musik religi pada mata pelajaran Qur’an Hadis di kelas X MA Darul Hikmah Mojokerto? (2) Bagaimana konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadis di kelas X MA Darul Hikmah Mojokerto? (3) Bagaimana pengaruh musik religi terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadis di kelas X MA Darul Hikmah Mojokerto?. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun jumlah populasinya adalah 108 siswa kelas X di MA Darul Hikmah Mojokerto. Sampel yang diambil adalah 25% dari populasi yaitu 27 siswa. Lokasi penelitian ini bertempat di MA Darul Hikmah Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Media musik religi pada mata pelajaran Qur’an Hadis di kelas X MA Darul Hikmah Mojokerto tergolong “cukup” dengan hasil 49,992% yang berada pada interval 35% - 65%. (2) Konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadis di kelas X MA Darul Hikmah Mojokerto tergolong “cukup” dengan hasil 49,261% yang berada pada interval 35% - 65%. (3) Terdapat pengaruh media musik religi terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadis di kelas X MA Darul Hikmah Mojokerto. Pengaruh media musik religi terhadap konsentrasi belajar siswa tergolong “cukup” dengan menggunakan analisis product moment diperoleh nilai r= 0,57 terletak pada interval 0,40 – 0,70 yang menunjukkan bahwa pengaruh antara variabel x dan variabel y menunjukkan pengaruh “cukup” dengan prosentase pengaruhnya sebesar 32,49%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiq, Nurul Afifiyahnurulafifiyahr@gmail.comD91216120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, SutiknoNohsutik@yahoo.co.id2006086803
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Musik
Keywords: Pengaruh; Media Musik Religi; Konsentrasi Belajar Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Afifiyah Rofiq
Date Deposited: 19 Sep 2020 05:24
Last Modified: 19 Sep 2020 05:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44090

Actions (login required)

View Item View Item