MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA PROGRAM AKSELERASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING MAKTAB NUBZATUL BAYAN PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PALENGAAN PAMEKASAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thoha, Mohammad (2015) MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA PROGRAM AKSELERASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING MAKTAB NUBZATUL BAYAN PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PALENGAAN PAMEKASAN. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Disertasi ini dilatarbelakngi oleh ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan peserta didik di Maktab Nubdzatul Bayan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan. Peserta didik yang rata-rata masih berusi remaja (9-19) tahun mampu mengikuti percepatan penguasaan kitab kuning dan serangkaian disiplin ilmu keislaman, hanya dalam waktu rata-rata 2 tahun. Tentu saja usia mereka yang masih akrab dengan dunia bermain dan belaian kasih orang tua, menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, tetapi target akselerasi penguasaan kitab kuning tercapai.
Fokus dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana pelaksanaan manajemen peserta didik pada program akselerasi bagi anak usia pendidikan dasar di Maktab Nubzatul Bayan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan? Dan mengapa para pengelola menerapkan manajemen seperti itu?, dan Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan manajemen peserta didik di lembag tersebut, serta bagaiman solusinya
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan tiga pendekatan disiplin ilmu, yakni: manajemen pendidikan, psikologi belajar dan kajian antropologi. Untuk itu dalam menganalisis data, penulis menggunakan holistic theory dengan menganalisa konsep proses manajemen George Terry melalui teori Hirarki Kebutuhan dari Abraham Maslow dan teori Sosial Belajar (Social Learning) yang dikemukakan oleh Albert Bandura.
Hasil penelitian ini adalah: Pertama pelaksanaan manajemen peserta didik di Maktab Nubzatul Bayan dikelola dengan cara pengelola terlebih dahulu memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar peserta didik, seperti kebutuhan makan, minum istirahat, perasaan aman, senang, dan sebagainya. Baru setelah itu pembelajaran disampaikan. Dalam hal ini penelitian ini memperkuat teori Hierarki Kebutuhan yang dikemukakan Abraham Maslow. Ia mengatakan “manusia baru akan memenuhi B-need, jika D-need-nya sudah terpenuhi”. Kedua Hal yang mendukung pelaksanaan manajemen peserta didik adalah pengelompokan peserta didik ke dalam kelompok-kelompok kecil (7-10) dengan bimbingan yang melekat selama 24 jam dari seorang pembimbing. Seluruh kegiatan peserta didik dilakukan secara bersama dalam kelompok tersebut, sehingga suasana belajar senantiasa tercipta dalam komunikasi-komunikasi sosial di antara anggota kelompok tersebut. Hal ini memperkuat teori Social Lerning yang digagas Alber Bandura, yaitu “Dalam situasi sosial, ternyata orang bisa belajar lebih cepat dengan mengamati atau melihat tingkah laku orang lain.”Ketiga terdapat polarisasi baru dalam manajemen peserta didik di Maktab Nubzatul Bayan. Seluruh kegiatan dijalankan berdasarkan aspek perbedaaan model dan gaya belajar, serta kemauan peserta didik. Pengelola hanya memberikan target pencapaian pembelajaran, sementara metode, tempat belajar dan satrategi pembelajarannya disesuaikan dengan kehendak peserta didik. Peneliti menyebut pola ini sebagai “Manajemen Transformatif dengan sistem layanan One Stop Study”

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Additional Information: Ahmad Zahro, Achmad Muhibin Zuhri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thoha, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Psikologi
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pesantren
Keywords: Manajemen Peserta Didik; Psikologi; Pendidikan Islam
Divisions: Program Doktor > Ilmu Keislaman
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2016 08:36
Last Modified: 25 Sep 2017 08:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4410

Actions (login required)

View Item View Item