Persepsi guru tentang kreativitas pembelajaran anak usia dini di RA AL AMIN Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Erlina (2020) Persepsi guru tentang kreativitas pembelajaran anak usia dini di RA AL AMIN Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erlina Rahmawati_D98216032.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas guru di RA AL-AMIN Sukodono Sidoarjo dalam pelaksanaan pembelajaran. Guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi untuk membuat anak dapat tertarik dan fokus pada materi yang disampaikan. Sekolah sudah memiliki media pembelajaran hanya saja jumlahnya terbatas, namun guru tetap memanfaatkan bahan atau alat yang ada dilingkungan sekolah dengan kreasinya sendiri. Guru juga memiliki cara tersendiri dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dalam penyampaian materi. Kemudian peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimanakah persepsi guru tentang kreativitas pembelajaran anak usia dini. Rumusan Masalah Penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi guru tentang kreativitas pembelajaran anak usia dini di RA AL AMIN Sukodono Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode survey melalui angket sebagai alat pengambilan data. Sampel atau subjek penelitian adalah guru di RA AL AMIN Sukodono Sidoarjo. Analisis data menggunakan tabulasi data, perhitungan rata-rata, kemudian penafsiran dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang kreativitas pembelajaran anak usia dini tergolong baik. Hal ini berdasarkan hasil angket yang didapatkan, dimana pada setiap kisi-kisi indikator kreativitas memperoleh rata-rata presentase 60-79 dan termasuk kategori baik. Adapun kisi-kisi indikator kreativitas dibagi menjadi (a) kelancaran berpikir, (b) keluwesan berpikir, (c) elaborasi pikiran, (d) keaslian berpikir. Meskipun semua guru di RA AL AMIN Sukodono Sidoarjo tidak memiliki latar belakang sarjana pendidikan PAUD, namun sekolah sudah memfasilitasi guru dengan mengikuti latihan kinerja guru (KKG) dengan tujuan setiap guru mendapatkan pengetahuan serta pengalaman bagi dirinya sendiri dan rekan kerja lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Erlinaerlinarahmawati3@gmail.comD98216032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohmukhoiyaroh@uinsby.ac.id2009047302
Thesis advisorNofiandri, Al-Qudus--197311162007101001
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Persepsi Guru
Keywords: Guru; Kreativitas; Pembelajaran; Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: ERLINA RAHMAWATI WATI
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:25
Last Modified: 21 Sep 2020 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44137

Actions (login required)

View Item View Item