Ruang lingkup dan metode pendidikan akhlak telaah hadits-hadits Kitab Akhlak Lil Banin jilid 4

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Nada Asrir (2020) Ruang lingkup dan metode pendidikan akhlak telaah hadits-hadits Kitab Akhlak Lil Banin jilid 4. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nada Asrir Rohmah_D01216025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Ruang Lingkup dan Metode Pendidikan Akhlak telaah hadits-hadits kitab akhlak lil banin jilid 4 dengan rumusan masalah, Bagaimana profil kitab Akhlaq lil banin jilid 4? Bagaimana ruang lingkup pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Akhlak lil banin jilid 4? Bagaimana metode pendidikan akhlak yang diterapkan dalam kitab akhlak lil banin jilid 4? Menggunakan metode penelitian libraryresearch (kepustakaan) yaitu dengan cara melakukan penelitian terhadapsumber-sumber tertulis. Berusaha untuk mengupas secara konseptual tentang berbagai hal yang berkaitan dengan akhlak Rasulullah SAW dalam studi hadist shahih. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi atau studi dokumenter. Hasil penelitian ini bahwa ruang lingkup pendidikan akhlak dalam kitab Akhlak Lil Banin Jilid 4 (empat) yang memuat sifat rasa malu dan tidak tahu malu, sifat al-iifah dan qana’ah serta kebalikannya, kejujuran dan pengkhianatan, berbuat benar dan berdusta, kesabaran dan kegelisahan hati, bersyukur dan mengingkari nikmat, sifat menahan diri dan marah, kemurahan hati dan sifat kikir, sifat rendah hati dan kesombongan, ikhlas dan riya’, dendam dan dengki, ghibah, dan terakhir mengadu domba masuk dalam kategori atau ruang lingkup Akhlak kepada Allah, Akhlak kepada Manusia dan Akhlak kepada diri sendiri.Kitab akhlak lil banin jilid empat terdapat dua metode yang digunakan dalam pembahasan materi-materinya yaitu metode kisah dan metode keteladanan yang mana metodekisah ini merupakan metode dengan menggunakan cerita-cerita yang dapat menghubungkan materi pelajaran dengan kajian masa lampau agar dapat dan mudah dipahami oleh peserta didikdalamalamyanglebih nyata. Sedangkan metode keteladanan merupakan menunjukkan tindakanterpujibagipeserta didik,dengan harapanagar mau mengikutitindakan terpujitersebut. Sesuai dengan judul yang telah dikemukakan terkait dengan ruang lingkup dan metode pendidikan Ahlak yang di tinjau dari kitab Akhlak lil Banin Jilid empat (4) dapat diambil saran sebagai berikut. Saran bagi pembaca dapat diambil sisi positif dari adanya penelitian ruang lingkup dan metode pendidikan Ahlak yang di tinjau dari kitab Akhlak lil Banin Jilid empat (4) memberikan keilmuan serta pengetahuan akan sifat sifat apa saja yang berada di kitab akhlak lil banin jilid empat (4).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Nada Asrirnadaasrirr@gmail.comD01216025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, Nawawiabuasimazz@yahoo.com2015045701
Thesis advisorAbitolkhah, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pendidikan akhlak; Kitab akhlak lil banin jilid 4.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nada Asrir Rohmah
Date Deposited: 21 Sep 2020 14:29
Last Modified: 21 Sep 2020 14:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44159

Actions (login required)

View Item View Item