Peran KH. Qomaruddin Yusa' dalam mengembangkan Pondok Pesantren Anak-Anak Mambaul Hisan Badal Pandean Ngadiluwih Kediri Tahun 1990-2017 M.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Hanifatus (2020) Peran KH. Qomaruddin Yusa' dalam mengembangkan Pondok Pesantren Anak-Anak Mambaul Hisan Badal Pandean Ngadiluwih Kediri Tahun 1990-2017 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifatus Sa'adah_A02216015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam permasalahan tersebut, penulis mengunakan metode penelitian sejarah, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: (1) heuristik (pengumpulan Sumber) yang berupa data berupa arsip Pondok Pesantren Anak-Anak Mambaul Hisan, wawancara dengan keluarga pengasuh Pondok Pesantren Anak-Anak Mambaul Hisan. (2) verifikasi (Kritik Sumber). (3) interpretasi (Penafsiran Sumber). (4) historiografi (Penulisan Sejarah). Pendekatan yang digunakan untuk skripsi ini menggunakan pendekatan historis yang mana pendekatan ini digunakan untuk mengungkapan peristiwa-peristiwa pada masa lampau. Adapun teori yang digunakan adalah teori peran yang dikemukakan oleh Biddle dan Thomas dan teori Kepemimimpinan Kharismarik yang dikemukakan oleh Marx Weber. Dalam penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa KH. Qomaruddin Yusa’ merupakan pengasuh Pondok Pesantren Anak-Anak Mambaul Hisan Badal Pandean Kediri yang suskes dengan menerapkan metode pendidikan Al-Qur’an sejak usia dini. Pondok pesantren ini memiliki ratusan santri dan diantaranya lebih didominasi oleh anak-anak usia 5-12 tahun. Seiring berkembangnya pondok pesantren, KH. Qamaruddin Yusa’ kemudian menambahkan fasilitas pendidikan yang terdiri dari SMP-MA. Selain itu beliau sangat berperan di masyarakat, dilihat dari aktifnya beliau di dalam NU dan kegiatan keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Hanifatushanifasaadah1@gmail.comA02216015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Subjects: Pesantren
Keywords: KH. Qomaruddin Yusa’; Pondok Pesantren Anak-Anak Mambaul Hisan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hanifatus Sa'adah
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:45
Last Modified: 23 Sep 2020 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44175

Actions (login required)

View Item View Item