Pengembangan modul al jabar berbasis metode resitasi untuk melatih kemampuan literasi Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Muhammad Fadhil (2020) Pengembangan modul al jabar berbasis metode resitasi untuk melatih kemampuan literasi Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fadhil Afandi_D04214003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fakta di lapangan menunjukkan kemampuan literasi matematika masih rendah dan masih banyak peserta didik yang belum memahami aljabar. Aljabar merupakan salah satu materi di pelajaran matematika yang sulit dipahami. Sebagian besar peserta didik belum memahami konsep terkait aljabar dan juga belum bisa menyelesaikan permasalahan terkait aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan modul aljabar berbasis metode resitasi untuk melatih kemampuan literasi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE meliputi 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Dikarenakan adanya pandemi covid-19, model pengembangan yang digunakan hanya ADD (Analysis, Design, dan Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan untuk data proses pengembangan modul, dan teknik kevalidan serta kepraktisan modul dari validator. Proses pengembangan modul aljabar ini mencakup tahap analysis, design, dan development. Adapun hasil dari tahap analysis menyatakan bahwa di sekolah tersebut menggunakan kurikulum 2013 seperti pada umumnya, selain itu peserta didik mengalami kelemahan pada materi aljabar sehingga materi yang digunakan dalam modul ini adalah bentuk aljabar kelas VII. Sedangkan pada tahap design ini peneliti membuat desain modul, menentukan kualitas bahan modul dan juga menyusun soal-soal tes. Kemudian pada tahap development, modul di validasi oleh empat validator untuk menyempurnakan modul aljabar berbasis metode resitasi. Hasil pengembangan modul ini termasuk dalam kategori “valid” dengan nilai rata-rata total validitas (RTV) sebesar 3,19 dari empat validator. Selain itu, modul aljabar ini juga termasuk dalam kategori “praktis” dengan rata-rata nilai “B” yang artinya dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Muhammad Fadhilfadhil.muhammad24@gmail.comD04215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugahost@gmail.com2021088301
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Modul aljabar; metode resitasi; literasi Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Fadhil Afandi
Date Deposited: 23 Sep 2020 13:50
Last Modified: 23 Sep 2020 13:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44190

Actions (login required)

View Item View Item