Dinamika psikologis kemampuan membaca permulaan pada anak Tunagrahita ringan menggunakan metode Multisensori

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustofa, Muhammad Aba Bahrun (2020) Dinamika psikologis kemampuan membaca permulaan pada anak Tunagrahita ringan menggunakan metode Multisensori. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Aba Bahrun Mustofa_J01216023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak yang terlahir sempurna merupakan harapan bagi setiap orang tua. Namun, tidak semua anak dapat lahir sempurna seperti halnya pada anak berkebutuhan khusus (ABK). Subyek dalam penelitian ini yaitu MLF, anak dengan gangguan tunagrahita ringan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 2 orang, SR merupakan orang tua MLF dan UL merupakan guru wali kelas MLF. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dinamika psikologis kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita ringan menggunakan metode multisensori. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi pada penelitian ini adalah dinamika psikologis kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita ringan menggunakan metode multisensori pada pembelajaran pertama sampai pembelajaran ke empat MLF masih kesulitan dan mengalami banyak kesalahan dalam mengidentikasi beberapa huruf, kata, dan kalimat-kalimat sederhana. Pada pembelajaran kelima dan keenam, MLF sudah mampu membaca sendiri tanpa bantuan dari peneliti, meskipun beberapa kali salah membaca namun MLF berusaha mengulang membaca hingga benar. Selama enam kali pembelajaran MLF selalu aktif dan merasa senang selama pembelajaran berlangsung. Hasil wawancara dengan kedua informan yaitu SR dan UL dalam penelitian dapat adalah MLF mengalami peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah diberikan pembelajaran menggunakan metode multisensori.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustofa, Muhammad Aba BahrunNudin1818@gmail.comJ01216023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyyaroh, Tatikmukhoyyarohtatik@gmail.com2011057603
Subjects: Anak
Psikologi
Terapi
Keywords: Dinamika psikologis; Kemampuan membaca permulaan, Anak tunagrahita ringan.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Muhammad aba bahrun Mustofa
Date Deposited: 24 Sep 2020 10:22
Last Modified: 24 Sep 2020 11:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44203

Actions (login required)

View Item View Item