Pengembangan lembaga pendidikan islam melalui ekonomi pesantren di Pondok Pesantren Al Ishlah Bondowoso dan Nurul Qarnain Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sayfullah, Hasan (2019) Pengembangan lembaga pendidikan islam melalui ekonomi pesantren di Pondok Pesantren Al Ishlah Bondowoso dan Nurul Qarnain Jember. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasan Sayfullah_F05331309.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian disertasi ini antara lain: kondisi kemiskinan yang sangat dominan di kalangan masyarakat yang mengakibatkan terpuruknya pendidikan yang harus dientaskan dengan kerja cepat. Berdirinya pesantren sebagai lembaga yang dipercaya menyediakan pendidikan Islam yang utuh. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah: (1). Apa bentuk-bentuk ekonomi pesantren yang ada di pondok pesantren Al Ishlah Bondowoso dan Nurul Qarnain Jember?, (2). Bagaimana manajemen pengelolaan ekonomi pesantren di pondok pesantren Al Ishlah Bondowoso dan Nurul Qarnain Jember?, (3). Bagaimana pengembangan lembaga pendidikan Islam dengan ekonomi pesantren di pondok pesantren Al Ishlah Bondowoso dan Nurul Qarnain Jember? Dan apa kontribusi ekonomi pesantren dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di pondok pesantren Al Ishlah dan Nurul Qarnain?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terhadap pihak-pihak terkait meliputi; ketua yayasan, bendahara pesantren, kepala sekolah serta pihak pengelola aset-aset/ekonomi pesantren. Serta pengamatan (observasi) terhadap aktivitas dan kegiatan beberapa unit usaha di lapangan serta dokumentasi yang berkaitan dengan fokus penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, Bentuk ekonomi pesantren di pondok pesantren Al Ishlah sebanyak delapan aset dengan rincian kantin (koperasi), perkebunan sayur, pertambangan batubara, peternakan, peternakan ikan, toko bangunan, jasa penyeberangan laut dan pengelolaan hutan. Sedangkan di pondok pesantren Nurul Qarnain sebanyak tujuh usaha dengan rincian koperasi, bengkel, ternak ayam betelur, pertanian, batu piring, air mineral dan perkebunan. Manajemen pengelolaan aset milik pondok pesantren Nurul Qarnain dan Al Ishlah menggunakan model Planing,Organizing, Actuating dan Controling. Perbedaan dari keduanya adalah bahwa pondok pesantren Al Ishlah menggunakan struktural-fungsional sedangkan di Nurul Qarnain dipasrahkan pada seorang kyai. Pengembangan lembaga pendidikan Islam dengan ekonomi pesantren di pondok pesantren Nurul Qarnain menggunakan metode PDCA dalam bentuk penyediaan gedung sekolah, sarana-prasarana, AULA, pendirian lembaga pendidikan tingkat lanjut, subsidi makan sehari-hari dan beasiswa guru yang mengikat. Sedangkan di Pondok Pesantren Al Ishlah pengembangan lembaga pendidikan Islam dengan ekonomi pesantren menggunakan metode trilogy kualitas dengan bentuk penyediaan gedung, subsidi TABA dan BASA, pendirian lembaga pendidikan tingkat lanjut dan pemenuhan sarana-prasarana. Terakhir terkait kontribusi ekonomi pesantren dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di pondok pesantren Al Ishlah dan Nurul Qarnain berbentuk mencukupi sarana prasarana lembaga pendidikan, membiayai keperluan pendidikan, balas jasa kepada para pengajar dan peningkatan kualitas lembaga pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sayfullah, Hasanhasansayfullah77@gmail.comF05331309
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037101
Thesis advisorMudhofir, ALImudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Ekonomi pesantren; Pendidikan islam.
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: hasan Sayfullah hasan
Date Deposited: 25 Sep 2020 10:10
Last Modified: 25 Sep 2020 10:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44226

Actions (login required)

View Item View Item