Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika menggunakan model problem based learning dengan metode sq3r untuk melatih literasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Risma Nur (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika menggunakan model problem based learning dengan metode sq3r untuk melatih literasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risma Nur Aini_D74215066.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk melatih literasi matematis siswa yang valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi program linear. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pengembangan), tahap design (perencanaan), dan tahap develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan untuk data proses pengembangan perangkat, teknik validasi untuk data kevalidan dan kepraktisan perangkat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan masuk dalam kategori valid dengan nilai kevalidan RPP sebesar 4.04, LKPD sebesar 4.02 dan latihan literasi matematis sebesar 3.98. Perangkat yang dikembangkan juga masuk dalam kategori praktis dengan penilaian kepraktisan RPP yaitu tiga poin B dan satu poin A, penilaian kepraktisan LKPD yaitu tiga poin B dan satu poin untuk A dan penilaian kepraktisan latihan literasi matematis adalah tiga poin B dan satu poin A.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Risma Nurainirisma21@gmail.comD74215066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Pembelajaran Matematika; problem based learning; metode sq3r; literasi matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Risma Nur Aini -
Date Deposited: 28 Sep 2020 04:29
Last Modified: 28 Sep 2020 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44242

Actions (login required)

View Item View Item