Analisis upah ujrah dan jaminan sosial Takaful terhadap produktivitas dan motivasi kerja karyawan di LAZNAS Nurul Hayat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafi'i, Brillian Annisa (2020) Analisis upah ujrah dan jaminan sosial Takaful terhadap produktivitas dan motivasi kerja karyawan di LAZNAS Nurul Hayat Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Brillian Annisa Syafii_G04216017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari metode penelitian ini diperoleh informan yang terdiri dari para karyawana LAZNAS Nurul Hayat Surabaya yang termasuk ke dalam peserta jamian sosial takaful dan juga menerima upah secara islami. Bedasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa dalam sistem upah secara islam terdapat beberapa cara yang dilakukan LAZNAS Nurul Hayat yang bedasarkan syariat islam yang pertama memberikan upah tepat pada waktunya hal tersebut telah disepakati pada awal akad perjanjian sebelum karyawan bekerja di LAZNAS Nurul Hayat, yang kedua sesuai denggan asas keadilan yang dimaksud keadilan disini adalah sesuai dengan usaha dan tenaga karyawan saat bekerja di LAZNAS Nurul Hayat atau sesuai dengan janatan yang diterima, yang ketiga, pemotongan gaji karyawan sebesar 2% untu zakat jika telah memenuhi nisab zakat dan juga terdapat jaminan sosial takaful atau asuransi syariah yang di kelola oleh pihak LAZNAS Nurul Hayat sendiri hal ini dilakukan untuk dapat menjaga kesejahteraan karyawan dengan terjaganya kesejahteraan karyawan maka produktivitas dan motivasi kerja akan semakin meningkat dan dapat menghasilkan output yang baik untuk perusahaan. Dalam rangka optimalisasi implementasi upah dan jaminan sosial islam pada LAZNAS Nurul Hayat Surabaya, diharapkan pihak yang mengelola takaful melakukan sosialisasi lebih untuk mengenalkan sistem jaminan sosial islam takaful pada semua karyawan karena masih ada karyawan yang tidak mau untuk mengikuti jaminan sosial islam ini karna ada suatu hal yg mungkin mereka menggangap asuransi ini tidak cukup menguntungkan, selanjutnya perlu adanya kerj sama antara pengurus dan karyawan agar upah dan jaminan sosial islam tetap terjaga dan akan terus terlaksana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafi'i, Brillian Annisaannisabrillian@gmail.comG04216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Asuransi Islam
Asuransi Kesehatan
Etos Kerja
Keywords: Upah; Ujrah; Jaminan Sosial Takaful .
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Brillian Syafii
Date Deposited: 28 Sep 2020 10:45
Last Modified: 28 Sep 2020 10:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44244

Actions (login required)

View Item View Item