Kasih sayang dan keadilan Tuhan menurut Abul Kalam Azad: studi interpretasi surah Al-Fatihah ayat 3-4 dalam tafsir The Tarjuman al-Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Mas Ahmad (2020) Kasih sayang dan keadilan Tuhan menurut Abul Kalam Azad: studi interpretasi surah Al-Fatihah ayat 3-4 dalam tafsir The Tarjuman al-Quran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mas Ahmad Muhammad_E03216026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tuhan memberi pengajaran kepada manusia bahwa agama diajarkan dengan kasih sayang, bukan dengan kebencian. Pengajaran dengan kebencian ini disebabkan pemahaman terhadap agama dan Tuhan sering disalahartikan. Itu berlaku untuk semua agama. Maka tak heran, muncul tokoh-tokoh yang dengan pemikirannya mencoba memahami Tuhan sejati yang memiliki rahmat untuk seluruh alam. Namanya adalah antara lain, Nabi Ibrahim, Ibn ‘Arabi, Jalaluddin Rumi, Syekh Siti Jenar, Deepak Chopra, Friedrich Nietzsche, Richard Dawkins, dan Abul Kalam Azad. Begitu juga keadilan, keadilan Tuhan yang dianggap teror mengerikan dan bersifat absolutisme dan depotisme. Padahal, Tuhan menyampaikan bahwa Keadilan-Nya itu merupakan akibat dari tanggapan makhluk atas kasih sayang yang mereka terima. Penelitian ini berusaha menjelaskan bagaimana penafsiran Azad terhadap surah Al-Fatihah ayat 3 - 4 dan menjelaskan bagaimana korelasi konsep kasih sayang dan keadilan Tuhan dengan penafsirannya pada surah dan ayat tersebut. Penelitian ini berjenis kepustakaan dan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini berfokus pada magnum opus Azad berjudul Tarjuman al-Quran surah Al-Fatihah ayat 3-4 yang memuat lengkap gagasan Azad terkait kasih sayang dan keadilan Tuhan. Di samping latar belakang penulisan Azad atas perpecahan umat Islam dan Hindu yang memicu Azad, juga keinginan Azad untuk menampilkan Tuhan yang penuh kasih dan keadilan yang obyektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Mas Ahmadxbuild@gmail.comE03216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBilla, Mutamakkinm.billa @gmail.com197709192009011007
Subjects: Kerukunan Beragama
Teologi
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Kasih sayang; Keadilan: Rahmat; Pemikiran.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mas Ahmad Muhammad
Date Deposited: 29 Sep 2020 02:06
Last Modified: 29 Sep 2020 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44251

Actions (login required)

View Item View Item