Marginalisasi Ulama Perempuan: (Perlakuan Masyarakat Terhadap Makam Ulama Perempuan di Kabupaten Gresik: Studi Kasus Makam Fatimah Binti Maimun dan Nyai Jika)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalena, Syfana (2020) Marginalisasi Ulama Perempuan: (Perlakuan Masyarakat Terhadap Makam Ulama Perempuan di Kabupaten Gresik: Studi Kasus Makam Fatimah Binti Maimun dan Nyai Jika). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syfana Amalena_A92216105.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam Skripsi ini adalah: 1. Bagaimana awal mula terjadinya marginalisasi ulama dalam Islam? 2. Bagaimana figur ketokohan Fatimah binti Maimun dan Nyai Jika dalam karya-karya sejarah? 3. Bagaimana perbedaan perlakuan masyarakat terhadap makam Fatimah binti Maimun dan Nyai Jika dibandingkan dengan makam para wali di Gresik? Penelitian ini dilakukan guna mengetahui sejauh mana fenomena marginalisasi di makam Fatimah binti Maimun dan Nyai Jika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Sejarah, yakni heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Teori Fundamental tentang pembagian masyarakat dari Ibnu Khaldun menjadi pisau analisis dalam penelitian ini. Dari penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Fenomena marginalisasi ulama perempuan dalam Islam terjadi ketika masa Tabi’ut Tabi’in. Fenomena marginalisasi juga terjadi pada makam-makam ulama perempuan, seperti Fatimah binti Maimun dan Nyai Jika. Pemarginalan ini bisa dilihat dari banyaknya peziarah. 2) Fatimah binti Maimun merupakan seorang perempuan muslim yang nisannya dipercaya sebagai bukti Islam tertua di Asia Tenggara. Cerita mengenai Fatimah binti Maimun yang beredar ada banyak versi. Sedangkan sosok Nyai Jika dikenal melalui folklor dengan dua versi yakni Ken Endok (ibu Ken Arok) dan menantu Sunan Bonang. 3) Masyarakat sekitar memberikan penghargaan kepada makam Fatimah binti Maimun dan Nyai Jika berupa penghargaan sosial, material, dan intelektual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalena, Syfanasyfana.amalena1998@gmail.comA92216105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Subjects: Antropologi Budaya
Biografi
Wanita dalam Islam
Keywords: Marginal; Ulama perempuan; Fundamental; Fatimah binti Maimun; Nyai Jika.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Syfana Amalena
Date Deposited: 29 Sep 2020 07:59
Last Modified: 29 Sep 2020 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44261

Actions (login required)

View Item View Item