Hubungan antara self esteem dengan self adjusment pada santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan Banyu Urip Ujung Pangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Nurul (2020) Hubungan antara self esteem dengan self adjusment pada santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan Banyu Urip Ujung Pangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hikmah_J7121081.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self Esteem dengan Self Adjusment pada santri di pondok pesantren Mamba’ul Ihsan Banyu Urip Ujung Pangkah Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif koresional. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data yakni skala self esteem serta skala Self Adjusment. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 50 santri di pondok pesantren Mamba’ul Ihsan Banyu Urip Ujung Pangkah Gresik. Penelitian ini menggunakan teknik sampling yakni rundom sampling. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis yakni product moment dengan bantuan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara Self Esteem dengan Self Adjusment pada santri di pondok pesantren Mamba’ul Ihsan Banyu Urip Ujung Pangkah Gresik nilai signifikansi 0.000 < 0.05 serta nilai koefesien korelasi sebesar 0.817 Selain itu, self esteem memberikan sumbangsi terhadap Self Adjusment senilai 66,8%. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian diterima yang berarti terdapat hubungan yang positif antara Self Esteem dengan Self Adjusment pada santri di pondok pesantren Mamba’ul Ihsan Banyu Urip Ujung Pangkah Gresik. Artinya semakin positif Self Esteem santri di pondok pesantren Mamba’ul Ihsan Banyu Urip Ujung Pangkah Gresik maka akan semakin tinggi pula Self Adjusment pada santri di pondok pesantren Mamba’ul Ihsan Banyu Urip Ujung Pangkah Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Nurulnurulhikmah43570@gmail.comJ7121081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyidi, Hamimhamimrosyidi@gmail.com2024086201
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Self esteem; Self adjusment.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Nurul Hikmah
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:57
Last Modified: 30 Sep 2020 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44269

Actions (login required)

View Item View Item