Sekep dalam tradisi Madura Muslim di Desa Bandang Laok Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Juairiyah, Siti (2020) Sekep dalam tradisi Madura Muslim di Desa Bandang Laok Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Juairiyah_A92216101.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini memokuskan kepada 1. Bagaimana asal usul Tradisi Sekep di Madura? 2. Bagaimana Tradisi Sekep di Desa Bandang Laok kecamatan kokop kabupaten Bangkalan? 3. Bagaimana respon masyarakat islam terhadap Tradisi Sekep di Desa Bandang Laok kecamatan kokop kabupaten bangkalan? Adapun pendekatan dan kerangka teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan Sejarah dan Antropologi, untuk teorinya menggunakan Cliford Geertz tentang Interpretasi Kebudayaan. Sedangkan Metode yang digunakan jenis penelitian kebudayaan dengan metode Kualitatif, menggunakan teknik analisis data deskriptif, dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa asal usul Tradisi Sekep sejak zaman kerajaan Madura pada tahun 1296M dengan bentuk benda-benda pusaka, dan dikenal oleh masyarakat Madura pada abad ke 18M, seorang tokoh pahlawan Pak Sakera yang selalu membawa Celurit kemana-mana. Lalu dilestarikan oleh masyarakat dari suku Blater, serta sebagai simbol jati diri masyarakat Madura. Dari perkembangannya Tradisi Sekep dari masa ke masa mengalami kemunduran dan hampir punah karena era modernisasi, hanya beberapa Masyarakat yang masih melestarikan Tradisi Sekep.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Juairiyah, Sitijuairiya443@gmail.comA92216101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Subjects: Budaya
Tradisi Islam
Keywords: Tradisi Sekep; Madura Muslim
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Siti Juairiyah
Date Deposited: 30 Sep 2020 10:20
Last Modified: 30 Sep 2020 10:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44286

Actions (login required)

View Item View Item