Peningkatan hasil belajar tema 8 sub tema 1 materi jenis usaha ekonomi mata pelajaran IPS melalui metode role playing kelas Vc MIN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suciarta, Salis (2020) Peningkatan hasil belajar tema 8 sub tema 1 materi jenis usaha ekonomi mata pelajaran IPS melalui metode role playing kelas Vc MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salis Suciarta_D07216036.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahanya hasil belajar siswa kelas V-C MIN 1 Gresik pada mata pelajaran Tema 8 Sub Tema 1 Jenis Usaha Ekonomi. Berdasarkan pra siklus dari 23 anak hanya 5 anak yang tuntas dan 18 anak belum tuntas. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Penggunaan metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar Tema 8 Sub Tema 1 Jenis Usaha Ekonomi Masyarakat bagi siswa kelas V-C MIN 1 Gresik. 2) Peningkatan hasil belajar Tema 8 Sub Tema 1 Jenis Usaha Ekonomi Masyarakat setelah menggunakan metode Role Playing bagi siswa kelas V-C MIN 1 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode PTK yang digunakan dalam penelitiantian adalah model Kurt lewin yang didalamnya terdapat 4 tahapan pelaksanaan yakni perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-C MIN 1 Gresik terdiri dari 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, tes dan instrumen dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penggunaan metode Rola Playing telah dilakukan dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa . Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yakni 75 meningkat pada siklus II menjadi 91. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yakni 67,5 meningkat menjadi 89 pada siklus II. 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dibuktikan dengan jumlah siswa yang tuntas pada siklus I yakni 12 siswa meningkat menjadi 19 siswa pada siklus II. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus yakni 59,34 meningkat pada siklus I yakni 70 menjadi 80 pada siklus II. Presentase ketuntasan siswa pada siklus I yakni 52% meningkat pada siklus II mencapai 83%. Siklus II sudah mencapai indikator kinerja ≥ 75 dan ≥ 80% sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suciarta, Salissalissuciarta12@gmail.comD07216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir_urban@yahoo.com2022076802
Thesis advisorTaufik, TaufikTaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil belajar; jenis usaha ekonomi; role playing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salis Suciarta
Date Deposited: 01 Oct 2020 01:08
Last Modified: 01 Oct 2020 01:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44297

Actions (login required)

View Item View Item