Analisa politik luar negeri Afghanistan terhadap Indonesia dalam upaya mediasi konflik Afghanistan tahun 2017-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umami, Liza (2020) Analisa politik luar negeri Afghanistan terhadap Indonesia dalam upaya mediasi konflik Afghanistan tahun 2017-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Liza Umami_I72216067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konflik Afghanistan yang belum menemukan titik temu perdamaian antara pemerintah Afghanistan dan Taliban hingga melibatkan semua pihak terkait termasuk negara-negara besar seperti AS. Politik luar negeri Afghanistan memilih Indonesia dalam upaya mediasi konflik merupakan hal yang menarik mengingat posisi Indonesia notabene berada di kawasan Asia Pasifik jauh dari pusat konflik. Untuk menganalisa arah politik luar negeri Afghanistan dan faktor-faktor terhadap Indonesia, penulis menggunakan metode kualitatif-eksplanatif, penggalian data melalui wawancara, penelusuran buku, jurnal dan berita online serta menggunakan konsep analisa politik luar negeri K.J. Holsti. Hasil penelitian menjawab bahwa Afghanistan dipengaruhi faktor-faktor internal dan eskternal yang secara keseluruhan dapat disimpulkan dalam pandangan Afghanistan terhadap Indonesia. Ketertarikan Afghanistan terhadap Indonesia dikarenakan sama-sama memiliki karakteristik penduduk Muslim, negara demokratis serta pengaruh ulama, keaktifan Indonesia dalam perdamaian dunia, pengalamannya dalam menangani konflik di dalam negeri yang majemuk, Indonesia yang netral dan tidak memiliki kepentingan apapun di konflik Afghanistan serta pengaruh ormas Islam dalam perdamaian dan pembangunan Indonesia dan dunia telah menarik perhatian Afghanistan untuk memilih Indonesia sebagai mediator.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umami, Lizalizzaummami@gmail.comI72216067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Moh. Fathonimfathonihakim@gmail.com2005018402
Subjects: Dokumen - Pemalsuan
Keywords: Politik Luar Negeri; Afghanistan; Indonesia; Mediasi Konflik.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Liza Umami
Date Deposited: 02 Oct 2020 14:05
Last Modified: 02 Oct 2020 14:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44311

Actions (login required)

View Item View Item