Pengembangan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Montong Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithriyah, Dewi Niswatul (2020) Pengembangan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Montong Tuban. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Niswatul Fithriyah_F02A18353.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada dasarnya setiap peserta didik memiliki ide dan pemikiran yang berbeda dalam memahami konsep matematika bilangan pecahan. Agar ide dan pemikirannya dapat diketahui oleh publik maka peserta didik harus memiliki keterampilan argumentasi. Namun, realita di MI menunjukkan bahwa keterampilan berargumentasi peserta didik sangat rendah. Salah satu faktornya adalah penerapan strategi pembelajaran matematika yang kurang sesuai sehingga peserta didik kurang berkesempatan untuk berargumentasi. Oleh sebab itu, perlu adanya inovasi pengembangan strategi pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi peserta didik di MI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain strategi pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing, mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan, dan mendeskripsikan efektifitas pengembangan strategi pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi. Penelitian ini termasuk dalam kategori Research And Developmen dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu analisis (Analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil implementasi yang dilakukan oleh 12 orang peserta didik kelas III MI yang ada di Montong Tuban menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dikategorikan sebagai strategi yang baik. Hasil uji coba menunjukkan prosentase pre-test 60,4%,. Sedangkan prosentase hasil belajar dan peningkatan keterampilan berargumentasi setelah diterapkannya strategi pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan (post-test) mencapai 91,6%. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing efektif dan mampu meningkatkan keterampilan berargumentasi peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithriyah, Dewi Niswatuldewiniswatulfithriyah@gmail.comF02A18353
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorNu'man, Muhammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi pembelajaran inkuiri; Keterampilan argumentasi.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fithriyah Dewi Niswatul
Date Deposited: 02 Oct 2020 02:46
Last Modified: 02 Oct 2020 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44315

Actions (login required)

View Item View Item