Analisis disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadhon, Atma Khotimatul Husna (2020) Analisis disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atma Khotimatul Husna Romadhon_D04215006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berpikir kritis matematis adalah suatu proses berpikir yang terorganisasi dengan melibatkan pengetahuan, penalaran dan pembuktian matematika. Berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan soal HOT dapat diperoleh dari pengalaman belajar siswa. Kegiatan ini juga menuntut siswa untuk mengadopsi disposisi tertentu dalam berpikir kritis matematis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis pengalaman yang dapat memberikan kesempatan siswa untuk berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan soal HOT serta mendeskripsikan nilai-nilai disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan bantuan statistik. Namun penelitian ini masih tergolong deskriptif kualitatif karena menggunakan statistik deskriptif. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Waru tahun ajaran 2019/2020. Subjek terdiri dari 9 siswa yang telah memenuhi indikator berpikir kritis matematis dan mendapatkan skor 24 dari skala 0-24. Adapun teknik pengumpulan data penelitian menggunakan penilaian unjuk kerja, kuesioner dan wawancara. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh, diantaranya: 1) Lebih dari 80% subjek memiliki pengalaman belajar mengerjakan latihan soal non rutin baik di kelas/luar kelas, sehingga dapat memberikan kesempatan siswa untuk berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan soal HOT 2) Nilai-nilai disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOT, yaitu: senang berpikir ide abstrak memiliki nilai 33.3%, bersedia merevisi opini memiliki nilai 66.7%, cenderung berpikir hati-hati dan reflektif memiliki nilai 77.8%, mencari dan menghargai fakta yang bertentangan dengan pilihan/keyakinan/opini pribadi memiliki nilai 66.7%, menikmati aktivitas yang menuntut banyak pemikiran memiliki nilai 55.6%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadhon, Atma Khotimatul Husnaatmaswift@gmail.comD04215006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Matematika
Pendidikan
Perilaku
Keywords: Berpikir kritis; Disposisi: Pengalaman belajar; Higher Order Thinking.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Atma Khotimatul Husna Romadhon
Date Deposited: 02 Oct 2020 03:06
Last Modified: 02 Oct 2020 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44317

Actions (login required)

View Item View Item