Pengorganisasian pemuda dalam upaya menciptakan Masjid Al-Huda tanggap Covid-19 di Kelurahan Sidosermo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrullah, Heru (2020) Pengorganisasian pemuda dalam upaya menciptakan Masjid Al-Huda tanggap Covid-19 di Kelurahan Sidosermo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heru Amrullah_B52216058.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengorganisasian Pemuda Dalam Upaya Menciptakan Masjid Al-Huda Tanggap Covid-19 di Kelurahan Sidosermo Kota Surabaya. Saat ini risiko penyebaran Covid-19 masih terus terjadi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya kasus positif terinfeksi Covid-19 di sejumlah daerah khususnya di Kelurahan Sidosermo Kota Surabaya yang berpotensi menyebabkan terjadinya kerentanan sosial. Penelitian aksi dilakukan bersama pemuda di Masjid Al-Huda untuk mengurangi risiko Covid-19 bagi jama’ah dan masyarakat sekitar dalam menciptakan Masjid Al-Huda tanggap Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Pelibatan pemuda dilakukan dalam proses pendampingan di metode ini. Pemuda berperan aktif dalam penggalian data, perumusan masalah, dan perencanaan program. Dalam mewujudkan partisipasi aktif pemuda agar mudah dalam membangun kedekatan emosional dan kepercayaan antara fasilitator dan pemuda inkulturasi dilakukan sebagai langkah awal. Dalam menentukan aksi perubahan peneliti bersama pemuda melakukan penggalian data dengan observasi, wawancara semi terstruktur, dan FGD (Focus Group Discussion). Beberapa aksi perubahan dihasilkan dari penelitian dan pendampingan ini yaitu 1. Edukasi Keorganisasian pemuda berbasis masjid dan peran pemuda dalam pengurangan risiko Covid-19. 2. Pembentukan kelompok pemuda masjid dan pengoptimalan potensi pemuda melalui inovasi program kampanye tangguh Covid-19 dan Lasyatta (Toko online Masjid Al-Huda) sebagai upaya pencegahan kerentanan ekonomi jama’ah. 3. Advokasi Kebijakan kepada takmir masjid untuk mendukung kegiatan-kegiatan pemuda masjid dalam menciptakan Masjid Al-Huda tanggap Covid-19 Perubahan yang dicapai setelah dilakukannya penelitian dan pendampingan yaitu pemuda lebih sadar akan perannya dalam mengurangi risiko Covid-19. Munculnya inisiatif pembentukan kelompok pemuda masjid yang memberikan program inovatif dalam menciptakan Masjid Al-Huda Tanggap Covid-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrullah, Heruheruamrullah16@gmail.comB52216058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDyah Fitriyah, Riesriesdyah@gmail.com197804192008012014
Subjects: Masjid
Pengabdian Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Covid-19; Pengorganisasian; Optimalisasi Fungsi Masjid.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Heru Amrullah
Date Deposited: 02 Oct 2020 13:49
Last Modified: 02 Oct 2020 13:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44339

Actions (login required)

View Item View Item