Pola pengasuhan Demokratis oleh orang tua dalam mengembangkan kesantunan bicara anak kelompok B di KB-TK Yapita Sukolilo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

salsabila, sholihatus (2020) Pola pengasuhan Demokratis oleh orang tua dalam mengembangkan kesantunan bicara anak kelompok B di KB-TK Yapita Sukolilo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sholihatus Salsabila_D08216019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Pola asuh demokratis orang tua di KB-TK Yapita. tidak semua orang tua kelompok B menggunakan pola asuh Demokratis, hanya beberapa orang tua saja yang menggunakan pola asuh demokratis. peneliti hanya mencari beberapa orang tua yang menggunakan pola asuh demokratis dalam mengembangkan kesantunan bicara. Sebab pola asuh orang tua demokratis dapat memperbaiki kesantunan anak dalam berbicara seperti berbicara yang lembut dengan nada rendah. selama proses pengasuhan orang tua memiliki pola asuh tersendiri dalam pembentukan kepribadian anak, mendidik, membimbing, dan mendisiplinkan serta melindungi anak untuk mencapai kedewasaan sesuai pola asuh orang tua masing-masing. Dari permasalahan di atas maka fokus penelitianya adalah 1) Mengapa orang tua melakukan pola asuh demokratis? 2) Bagaimana pola asuh demokratis yang dilakukan orang tua dalam mengembangkan kesantunan bicara anak? Tujuan dari rumusan masalah ini untuk mengetahui pola asuh demokratis yang dilakukan oleh orang tua dan untuk Mengetahui bagaimana pola asuh demokratis yang dilakukan orang tua dalam mengembangkan kesantunan bicara anak. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam prosesnya meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta dalam penguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan orang tua dengan pola asuh demokratis sangat berpengaruh terhadap perkembangan kesantunan bicara anak kelompok B di KB-TK Yapita Surabaya. Orang tua merupakan contoh pertama bagi anak dalam membangun kesantuna berbicara anak kelompok B dan orang tua juga merupakan pembimbing anak di rumah. Metode yang harus diterapkan orang tua dalam peranan orang tua dengan pola asuh demokratis antara lain: a) Memberikan waktu bersama anak, b) Memberikan rasa cinta dan kasih sayang, c) Memberikan fasilitas yang baik, d) Memberikan contoh yang baik, e) Memberikan reward (penghargaan) kepada anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
salsabila, sholihatuszahirasalsabila1998@gmail.comD08216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pola asuh, Pola pola asuh demokrtis orang tua; Perilaku kesantunan bicara anak usia dini.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Sholihatus Salsabila Sholihatus salsabila
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:05
Last Modified: 06 Oct 2020 04:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44367

Actions (login required)

View Item View Item